Pengaruh Metode Tugas Kelompok Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Pada Pembelajaran IPA Tema Panas Dan Perpindahannya

Penulis

  • Khamidatus Sholikhah Luqman Universitas Hasyim Asy'ari
  • Kamidjan Kamidjan Universitas Hasyim Asy'ari
  • Heru Wiyadi Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v1i2.1292

Kata Kunci:

Science Learning, Learning Outcomes, Group Assignments

Abstrak

Pada pembelajaran IPA sering menggunakan metode kovensional dan evaluasi pembelajaran hanya menilai dari hasil tugas secara individu. Maka dalam pembelajaran IPA kurang bervariasi dan kurang dalam peningkatan nilai.yang.diperoleh.siswa..Tujuan.penelitian.ini.adalah.untuk mengidentifikasi hasil.belajar.siswa sebelum menggunakan metode tugas kelompok, untuk menjelaskan hasil belajar siswa setelah menggunakan tugas kelompok dan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar.menggunakan.metode.tugas kelompok. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan.jenis.penelitian eksperimen berbentuk one.group.pretest-postest design. Teknik.pengumpulan.data.berupa tes, observasi serta dokumentasi. Teknik analisa data.yang digunakan.yaitu.uji.validitas, uji.reliabilitas, uji.normalitas dan uji.hipotesis. Hasil.penelitian menunjukkan hasil belajar dari nilai rata-rata.siswa pada.pretest yaitu 69,33 dan hasil postest setelah diberikan metode tugas kelompok dengan nilairata-rata yaitu 87,26. Hasil dari analisis data bahwa pretest dan postest dengan uji paired.sample t test menggunakan.SPSS..versi.16 diketahui.nilai Sig. (2-tailed).adalah sebesar.0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa H0.ditolak.dan.Ha.diterima yang.menunjukkan.adanya.pengaruh.metode tugas kelompok.terhadap.hasil.belajar.siswa kelas V pada IPA.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2021-04-26

Cara Mengutip

Luqman, K. S., Kamidjan, K., & Wiyadi, H. (2021). Pengaruh Metode Tugas Kelompok Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Pada Pembelajaran IPA Tema Panas Dan Perpindahannya. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 1(2), 53–59. https://doi.org/10.33752/ijpse.v1i2.1292

Terbitan

Bagian

Articles