The Effectiveness of Using Conversational Video-Based Learning to Increase Vocabulary Mastery
DOI:
https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v9i01.6107Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan pembelajaran berbasis Video Percakapan untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Design dengan desain one group pre-test dan post-test. siswa kelas 7 E SMP A. Wahid Hasyim Tebuireng, Jombang tahun ajaran 2023-2024 yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kosakata siswa SMP A. Wahid Hasyim masih tergolong kurang dengan nilai rata-rata pre-test adalah 53,5938. Setelah diberi perlakuan, kosakata siswa meningkat setelah menggunakan pembelajaran berbasis Video Percakapan dengan nilai rata-rata post-test 77,34375. Terdapat perbedaan signifikan antara penguasaan kosakata siswa sebelum dan sesudah diajar dengan penggunakan pembelajaran berbasis Video Percakapan. Dengan menggunakan uji analisis deskriptif, uji normalitas, dan uji sampel berpasangan diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 maka data kurang dari (<0,05) sehingga dapat dikatakan artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya media pembelajaran berbasis video percakapan efektif diterapkan dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa di SMP A. Wahid Hasyim Tebuireng Jombang.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Bian Selviana Ananta, Ria Kamilah Agustina
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).