The Effectiveness of Using Conversational Video-Based Learning to Increase Vocabulary Mastery

Penulis

  • Bian Selviana Ananta Universitas Hasyim Asy'ari
  • Ria Kamilah Agustina Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v9i01.6107

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan pembelajaran berbasis Video Percakapan untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Design dengan desain one group pre-test dan post-test. siswa kelas 7 E SMP A. Wahid Hasyim Tebuireng, Jombang tahun ajaran 2023-2024 yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kosakata siswa SMP A. Wahid Hasyim masih tergolong kurang dengan nilai rata-rata pre-test adalah 53,5938. Setelah diberi perlakuan, kosakata siswa meningkat setelah menggunakan pembelajaran berbasis Video Percakapan dengan nilai rata-rata post-test 77,34375. Terdapat perbedaan signifikan antara penguasaan kosakata siswa sebelum dan sesudah diajar dengan penggunakan pembelajaran berbasis Video Percakapan. Dengan menggunakan uji analisis deskriptif, uji normalitas, dan uji sampel berpasangan diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 maka data kurang dari (<0,05) sehingga dapat dikatakan artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya media pembelajaran berbasis video percakapan efektif diterapkan dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa di SMP A. Wahid Hasyim Tebuireng Jombang.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-04-30

Cara Mengutip

Ananta, B. S., & Agustina, R. K. (2024). The Effectiveness of Using Conversational Video-Based Learning to Increase Vocabulary Mastery. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(01), 34–38. https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v9i01.6107

Terbitan

Bagian

Artikel