URGENSI PEMBELAJARAN KITAB SALAF DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI MADRASAH ALIYAH DARUL FAIZIN CATAK GAYAM MOJOWARNO JOMBANG

Authors

  • Rofiatul Hosna Dosen Program Pascasarjana UNHASY Tebuireng Jombang

Abstract

tradisi pesantren yakni tetap menggunakan model pembelajaran kitab salaf.
Hanya saja di sekolah ini lebih menekankan pada metode Amtsilati, yang mempunyai makna
cara membaca kitab dengan cepat. Penelitian ini mempunyai fokus sebagai berikut; (1)
Bagaimana kecerdasan spiritual siswa di MA Darul Faizin Catak Gayam Mojowarno Jombang?
(2) Bagaimana urgensi pembelajaran kitab salaf dalam mengembangkan kecerdasan spiritual
siswa? (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat urgensi pembelajaran kitab salaf dalam
mengembangkan kecerdasan spiritual siswa? Tujuan secara umum yang akan dicapai dalam
penelitian ini untuk menemukan dan mengnalisis urgensi pembelajaran kitab salaf dalam
mengembangkan kecerdasan spiritual siswa di MA Darul Faizin Catak Gayam Mojowarno
Jombang.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan field research
(penelitian lapangan). Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
menggunakan tiga teknik, yaitu: (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) dokumentasi. Data yang
diperoleh berupa kata-kata, kejadian, catatan, laporan dan dokumen. Teknik analisa data yang
dilakukan yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/
verifikasi. Kriteria keabsahan data didasarkan atas: derajat kepercayaan (credibility), keteralihan
(transferability), kebergantungan (dependability) dan kepastian (confirmability).
Kesimpulan hasil penelitian adalah sebagai berikut: Pertama, Kecerdasan spiritual siswa
di MA Darul Faizin Catak Gayam Mojowarno Jombang ini, didukung oleh kegiatan-kegiatan
yang menunjang spiritual siswa seperti sholat dan mengaji serta sudah dilakukan usaha-usaha
untuk menanamkan keimanan yang lebih dalam kepada peserta didik, dan juga adanya
pembiasaan tegur, sapa dan salam antara siswa dengan siswa atau siswa dengan guru. Kedua,
urgensi pembelajaran kitab salaf yang dilakukan dalam mengembangkan kecerdasan spiritual
siswa adalah sebelum memulai pelajaran, guru/ustadz mengirimkan do’a atau tawassul kepada
mushonnif dan kyai-kyai yang telah mendahului kita. Materi yang diajarkan mengandung nilai
spiritual yang tinggi. Ketiga, Faktor pendukung pembelajaran kitab salaf adalah motivasi siswa
dalam menyelesaikan target. Sedangkan faktor penghambat dalam pembelajaran kitab salaf
adalah apabila ada pengajar yang tidak hadir. Solusi yang dilakukan adalah penggabungan
kelas-kelas yang kosong.
Kata Kunci: Pembelajaran Kitab Salaf dan Kecerdasan Spiritual

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads