AN ANALYSIS OF ILLOCUTION SPEECH IN STUDENT COMMUNICATION AT MA'HAD AL JAMI 'AH HASYIM ASY 'ARI UNIVERSITY (PRAGMATIC STUDY OF JOHN ROGERS SEARLE))

Authors

  • Lilik Faizah Lilik Faizah Universitas Hasyim Asy'ari
  • Yulianah Prihatin

DOI:

https://doi.org/10.33752/disastri.v5i1.3817

Keywords:

tindak tutur ilokusi, komunikasi mahasiswa

Abstract

Komunikasi merupakan proses sekelompok orang untuk saling bertukar informasi dengan menggunakan bahasa yang di dalamnya mengandung makna tertentu. Komunikasi dalam penelitian ini dilakukan oleh mahasiswa, ustadz/ustadzah, pengurus, ibu kantin, yang mana di dalam tuturan tersebut mengandung tindak tutur ilokusi. Komunikasi tersebut dilakukan pada saat kegiatan pengajian, ro’an (kerja bakti membersihkan lingkungan), memasak, interaksi jual beli di kantin, mengobrol ketika sedang di kamar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis tindak tutur ilokusi dalam komunikasi mahasiswa di Ma’had Al Jami’ah Universitas Hasyim Asy’ari. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan alasan sumber data tersebut berupa tuturan mahasiswa. Berdasarkan hasil analisis data dalam komunikasi mahasiswa terdapat jenis tindak tutur ilokusi yang terdiri dari asertif, direktif, ekspresif, komisif, deklaratif. Ilokusi asertif meliputi tuturan menyatakan, menyarankan dan mengeluh. Ilokusi direktif meliputi tuturan mengajak, memerintah, memohon dan menasehati. Ilokusi ekspresif meliputi tuturan meminta maaf, menyalahkan dan memuji. Ilokusi komisif meliputi tuturan ancaman dan menawarkan. Ilokusi deklaratif meliputi tuturan pasrah. Maka dari itu, perlu untuk mengkaji mengenai tindak tutur ilokusi agar dapat memahami tuturan dengan baik dan benar yang telah disampaikan oleh penutur.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-04-08

How to Cite

Lilik Faizah, L. F., & Yulianah Prihatin. (2023). AN ANALYSIS OF ILLOCUTION SPEECH IN STUDENT COMMUNICATION AT MA’HAD AL JAMI ’AH HASYIM ASY ’ARI UNIVERSITY (PRAGMATIC STUDY OF JOHN ROGERS SEARLE)). Jurnal Disastri: Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 68–76. https://doi.org/10.33752/disastri.v5i1.3817