BENTUK CAMPUR KODE BAHASA GAMERS PADA LINGKUNGAN ANAK SEKOLAH DASAR (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK)

Authors

  • Udhulul Jannati Said
  • Haris Supratno

Keywords:

Campur Kode, Bahasa Gamers, Teori Sosiolinguistik

Abstract

Penelitian ini untuk diuraikan macam-macam campur kode bahasa gamers terhadap lingkungan anak sekolah dasar dalam perspektif sosiolinguistik. Penelitian ini berupa deskriptif  kualitatif, Penelitian ini menggunakan metode, meliputi pengumpulan data, analisis data, dan penyajian data. Campur kode bahasa gamers pada lingkungan anak dasar yang menjadi fenomena campur kode yang umumnya digunakan dalam percakapan saat bermain game dan dipakai untuk kegiatan keseharian nya yang sacara tidak sadar di ucapkan secara spontan. Bahasa Madura, Indonesia dan inggris merupakan bahasa yg paling sering digunakan, Indonesia dan inggris. Bahasa Madura menjadi bahasa dominan sebagai B-1 sedangkan bahasa Indonesia dan inggris sebagai B-2 yang menjadi bahasa lain yang menjadi bahasa kedua terjadinya campur kode. Campur kode merupakan sering terjadi didalam perbincangan yang dilakukan oleh masyarakat pada umumnya. Bahkan campur kode juga banyak terjadi disosial media misalnya saat bermain game. Hal tersebut menjadi fenomena bahasa yang dikaji menggunakan teori  sosiolinguistik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-08-27

How to Cite

Udhulul Jannati Said, & Haris Supratno. (2022). BENTUK CAMPUR KODE BAHASA GAMERS PADA LINGKUNGAN ANAK SEKOLAH DASAR (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK). Jurnal Disastri: Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 177–184. Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/disastri/article/view/3108