PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA

Authors

  • Budi Hariyanto Universitas Dr Soetomo
  • Tri Budhi Sastrio Universitas Dr Soetomo
  • Edy Widayat Universitas Dr Soetomo
  • Ninik Mardiana Universitas Dr Soetomo

Keywords:

Model pembelajaran, Problem Based Learning, Discovery Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas X TBSM SMK Negeri 1 Labang yang di ajar dengan model pembelajaran problem based learning dan discovery learning dan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran problem based learning dan discovery learning terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas X TBSM SMK Negeri 1 Labang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen yang merupakan bagian dari metode penelitiaan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dari penelitian ini adalah siswa X TBSM 1 yang berjumlah 31 siswa dan X TBSM 2 juga berjumlah 31 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda. Skor hasil belajar yang diperoleh dari hasil perlakuan siswa menggunakan model pembelajaran  problem based learning dan discovery learning dianalisis menggunakan software statistik. Berdasarkan hasil perhitungan Statistical Package For Social Science (SPSS) ada ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas X TBSM SMK Negeri 1 Labang yang di ajar dengan model pembelajaran problem based learning dan discovery learnin, dan ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran problem based learning dan discovery learning terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas X TBSM SMK Negeri 1 Labang.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Budi Hariyanto, Universitas Dr Soetomo

Universitas Dr Soetomo

Tri Budhi Sastrio, Universitas Dr Soetomo

Universitas Dr Soetomo

Downloads

Published

2022-08-27

How to Cite

Budi Hariyanto, Tri Budhi Sastrio, Edy Widayat, & Ninik Mardiana. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA. Jurnal Disastri: Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 122–137. Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/disastri/article/view/3104