PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA
Keywords:
Model pembelajaran, Problem Based Learning, Discovery LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas X TBSM SMK Negeri 1 Labang yang di ajar dengan model pembelajaran problem based learning dan discovery learning dan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran problem based learning dan discovery learning terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas X TBSM SMK Negeri 1 Labang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen yang merupakan bagian dari metode penelitiaan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dari penelitian ini adalah siswa X TBSM 1 yang berjumlah 31 siswa dan X TBSM 2 juga berjumlah 31 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda. Skor hasil belajar yang diperoleh dari hasil perlakuan siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning dan discovery learning dianalisis menggunakan software statistik. Berdasarkan hasil perhitungan Statistical Package For Social Science (SPSS) ada ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas X TBSM SMK Negeri 1 Labang yang di ajar dengan model pembelajaran problem based learning dan discovery learnin, dan ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran problem based learning dan discovery learning terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas X TBSM SMK Negeri 1 Labang.