Analisis Kemampuan Penalaran Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Ditinjau dari Kemampuan Matematis

Authors

  • allifia chasanah Universitas PGRI Madiun
  • Reza Kusuma Setyansah Universitas PGRI Madiun
  • Agung Agustin D.P. Universitas PGRI Madiun

Keywords:

kemampuan matematis, kemampuan penalaran, PISA

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan penalaran siswa dalam menyelesaikan soal PISA ditinjau dari kemampuan matematis. Kemampuan penalaran sendiri dapat dilihat dari hasil pekerjaan siswa dalam menyelesaikan soal-soal PISA. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data hasil analisis kemampuan penalaran siswa diperoleh melalui pemberian tes berupa soal uraian yang diadopsi dari soal PISA serta hasil wawancara siswa dalam mengerjakan soal tersebut. Subjek dalm penelitian ini diperoleh dari teknik purposive sampling yang terdiri dari siswa berkemampuan matematis tinggi, sedang, dan rendah. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa siswa berkemampuan tinggi memiliki kemampuan penalaran yang lebih baik menyelesaikan soal PISA level tinggi dibandingkan dengan siswa berkemampuan sedang dan rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

(OECD), T. O. for E. C. and D. (2023). Program For International Student (PISA) 2022 Assessment and Analytical Framework. https://www.oecd- ilibrary.org/education/pisa-2022-assessment-and-analytical-framework_dfe0bf9c- en

Hayati, T. R., & Kamid, K. (2019). Analysis of Mathematical Literacy Processes in High School Students. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 2(3), 116–119. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v2i3.70

Kemendikbudristek. (2023). Literasi Membaca, Peringkat Indonesia di PISA 2022.

Laporan Pisa Kemendikbudristek, 1–25.

Masjaya, & Wardono. (2018). Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika dalam Meningatkan SDM. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 568–574.

Mulbasari, A., & Surmilasari, N. (2019). Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa dengan Implementasi Video Tutorial. The 1st National Conference on Mathematics Education 2019, 20.

Muslimin, M., & Sunardi, S. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMA Pada Materi Geometri Ruang. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 171–178. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.18323

NCTM. (2000). Priciples and Standart for School Mathematics. Reston: NCTM. OECD. (2012). PISA 2012 Released Items MEMORY STICK.

OECD. (2019). 3. PISA 2018 Mathematics Framework. PISA 2018 Assessment and Analytical Framework, Chapter 3, 73–95

PISA. (2023). PISA 2022 Results Factsheets Indonesia. The Language of Science Education, 1, 1–9. https://oecdch.art/a40de1dbaf/C108.

PISA 2012 Results in Focus. (2012).

Prabawati, M. N. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematik Mahasiswa Calon Guru Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 113–120. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.481

Rizki, L. M., & Priatna, N. (2019). Mathematical literacy as the 21st century skill. Journal of Physics: Conference Series, 1157(4). https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1157/4/042088

Sahidin, L., & Sari, T. I. (2022). Analysis of Mathematical Literacy in Solving PISA Problems based on Students’ mathematical Ability. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(4), 5347–5362. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.1789

Sumarmo Utari dkk. (2018). Hard Skills dan Soft Skills. Refika Aditama.

Downloads

Published

2024-11-28

How to Cite

chasanah, allifia, Reza Kusuma Setyansah, & Agung Agustin D.P. (2024). Analisis Kemampuan Penalaran Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Ditinjau dari Kemampuan Matematis. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–81. Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/cartesian/article/view/7016