Analisis Kemampuan Penalaran Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Ditinjau dari Kemampuan Matematis
Keywords:
kemampuan matematis, kemampuan penalaran, PISAAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan penalaran siswa dalam menyelesaikan soal PISA ditinjau dari kemampuan matematis. Kemampuan penalaran sendiri dapat dilihat dari hasil pekerjaan siswa dalam menyelesaikan soal-soal PISA. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data hasil analisis kemampuan penalaran siswa diperoleh melalui pemberian tes berupa soal uraian yang diadopsi dari soal PISA serta hasil wawancara siswa dalam mengerjakan soal tersebut. Subjek dalm penelitian ini diperoleh dari teknik purposive sampling yang terdiri dari siswa berkemampuan matematis tinggi, sedang, dan rendah. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa siswa berkemampuan tinggi memiliki kemampuan penalaran yang lebih baik menyelesaikan soal PISA level tinggi dibandingkan dengan siswa berkemampuan sedang dan rendah.
Downloads
References
(OECD), T. O. for E. C. and D. (2023). Program For International Student (PISA) 2022 Assessment and Analytical Framework. https://www.oecd- ilibrary.org/education/pisa-2022-assessment-and-analytical-framework_dfe0bf9c- en
Hayati, T. R., & Kamid, K. (2019). Analysis of Mathematical Literacy Processes in High School Students. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 2(3), 116–119. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v2i3.70
Kemendikbudristek. (2023). Literasi Membaca, Peringkat Indonesia di PISA 2022.
Laporan Pisa Kemendikbudristek, 1–25.
Masjaya, & Wardono. (2018). Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika dalam Meningatkan SDM. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 568–574.
Mulbasari, A., & Surmilasari, N. (2019). Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa dengan Implementasi Video Tutorial. The 1st National Conference on Mathematics Education 2019, 20.
Muslimin, M., & Sunardi, S. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMA Pada Materi Geometri Ruang. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 171–178. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.18323
NCTM. (2000). Priciples and Standart for School Mathematics. Reston: NCTM. OECD. (2012). PISA 2012 Released Items MEMORY STICK.
OECD. (2019). 3. PISA 2018 Mathematics Framework. PISA 2018 Assessment and Analytical Framework, Chapter 3, 73–95
PISA. (2023). PISA 2022 Results Factsheets Indonesia. The Language of Science Education, 1, 1–9. https://oecdch.art/a40de1dbaf/C108.
PISA 2012 Results in Focus. (2012).
Prabawati, M. N. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematik Mahasiswa Calon Guru Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 113–120. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.481
Rizki, L. M., & Priatna, N. (2019). Mathematical literacy as the 21st century skill. Journal of Physics: Conference Series, 1157(4). https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1157/4/042088
Sahidin, L., & Sari, T. I. (2022). Analysis of Mathematical Literacy in Solving PISA Problems based on Students’ mathematical Ability. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(4), 5347–5362. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.1789
Sumarmo Utari dkk. (2018). Hard Skills dan Soft Skills. Refika Aditama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 allifia chasanah, Reza Kusuma Setyansah, Agung Agustin D.P.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika (e-ISSN: 2809-0918) for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Mathematics Education Department, Universitas Hasyim Asyari Jombang, Indonesia as publisher of the journal.
The contents of the articles and advertisements published in the Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.