Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif dalam Pemecahan Masalah Barisan dan Deret Ditinjau dari Disposisi Matematis

Authors

  • Tsania Shofiyati Rakhna Universitas Sebelas Maret
  • Triyanto Triyanto Universitas Sebelas Maret
  • Dhidhi Pambudi Dhidhi Pambudi Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.33752/cartesian.v4i1.6712

Keywords:

barisan dan deret, disposisi matematis, kemampuan berpikir reflektif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif siswa kelas X SMK Batik 1 Surakarta dalam pemecahan masalah pada materi barisan dan deret ditinjau dari disposisi matematis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan adalah data disposisi matematis yang diperoleh melalui angket dan data kemampuan berpikir reflektif yang diperoleh melalui tes tertulis dan wawancara, data-data tersebut merupakan hasil dari pekerjaan siswa. Teknik uji validitas pada penelitian ini menggunakan triangulasi metode. Teknik analisis data yang dilakukan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Setelah diperoleh data disposisi matematis dan kemampuan berpikir reflektif, siswa dikategorikan menjadi tiga kategori yaitu disposisi matematis tinggi, sedang, dan rendah. Pada tiap kategori dipilih dua siswa sebagai subjek penelitian melalui  teknik purposive sampling. Wawancara dilakukan bersama subjek penelitian yang terpilih. Siswa dengan disposisi matematis tinggi dapat memenuhi seluruh indikator-indikator pada tiap-tiap fase dalam kemampuan berpikir reflektif yaitu fase reacting,elaborating, dan contemplating. Siswa dengan disposisi matematis sedang dapat memenuhi beberapa indikator pada fase reacting dan elaborating, namun tidak dapat memenuhi indikator pada fase contemplating. Siswa dengan disposisi matematis rendah tidak memenuhi indikator pada fase elaborating dan contemplating, dan hanya dapat memenuhi beberapa indikator pada fase reacting.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akyuninah, U. D. (2017). Pengaruh Strategi Heuristic Vee Terhadap Kemampuan Disposisi Matematis Pada Materi Segiempat Kelas VII Mts Al-Hidayah Tahun Pelajaran 2016/2017. Inspiramatika, 3(1).

Alawiyah, Tutun., Sarawati, Sari. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di MTs Midanutta’lim. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 100-111.

Anisah & Lastuti, Sri. (2018). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa PGSD Ditinjau Dari Aspek Gender. Jurnal Pendidikan Mipa, 8(1), 99–103.

Hafriani. (2021). Mengembangkan Kemampuan Dasar Matematika Siswa Berdasarkan NCTM Melalui TUgas Terstruktur dengan Menggunakan ICT. Jurnla Ilmiah Didaktika, 22(1), 63-80.

Hajar, Yuni., Yanwar, Ridwan., & Fitriana, A.Y. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMP Ditinjau dari Disposisi Matematis. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(1), 79-92.

Haqqul, Arinal., Fanani, Izah., & Saraswati, Sari. (2022). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Statistika Kelas VIII. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2),119-128.

Lutfiananda, I. M. A., Mardiyana, & Saputro, D. R. S. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Non Rutin di Kelas VII SMP Islamic International School Pesantren Sabilil Muttaqien (IIS PSM) Magetan Ditinjau dari Kemampuan Awal. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(9), 812-823.

Moloeng, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muflihatusubriyah, Uuf., Utomo, R.B., & Saputra, N.N. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Disposisi Matematis.Journla of Mathematic Education, 7(1), 49-56.

Mukti, Z.B., & Permatasari, D. (2023). Kemampuan Berpikir Reflektif dalam Menyelesaikan Soal PISA-Like Ditinjau dari Disposisi Matematis Siswa SMP. Jurnal Tadris Matematika, 3(1), 10-22.

OECD. (2023). PISA 2022. PISA 2022 Result Combined Executive Summaries. Paris: OECD Publishing.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Budaya Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar Dan Menengah. https://peraturan.bpk.go.id/Details/224181/permendikbud-no-21-tahun-2016.

Prisila, I.P, Hernawati, D., Ali, M., & Triyanto, S.A. (2021). Korelasi Kemampuan Berpikir Reflektif Terhadap Self-Confidence. Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 1-8.

Rifal, M., Kodirun, & Lambertus. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa MTs Ditinjau dari Disposisi Matematis. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 6(1), 15-29.

Shodikin, A. (2016). Strategi Abduktif-Deduktif Pada Pembelajaran Matematika Dalam Peningkatan Disposisi Siswa. Madrasah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(2), 22.

Sugilar, Hamdan. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Disposisi Matematika Siswa Madrasah Tsanawiah Melalui Pembelajaran Generatif. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 2(2), 156-168.

Sumarmo, U. (2013). Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematik Serta Pembelajarannya. Bandung: UPI. Tidak dipublikasikan

Yuliani, Ida., Kusmayadi, T.A., & Nurhasanah, Farida. (2021). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah SIswa SMP Ditinjau dari Disposisi Matematis. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 1198-1205.

Downloads

Published

2024-11-28

How to Cite

Tsania Shofiyati Rakhna, Triyanto, T., & Dhidhi Pambudi, D. P. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif dalam Pemecahan Masalah Barisan dan Deret Ditinjau dari Disposisi Matematis . Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 52–60. https://doi.org/10.33752/cartesian.v4i1.6712