Analisis Kesalahan Siswa Dalam Memecahkan Masalah pada Soal Cerita Materi Statistika
DOI:
https://doi.org/10.33752/cartesian.v4i1.6648Keywords:
kemampuan pemecahan masalah, kesalahan siswa, teori NewmanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal cerita tipe HOTS berdasarkan teori Newman pada materi statistika serta faktor-faktor penyebabnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Jombang yang berjumlah 32 siswa, dengan 3 siswa dipilih berdasarkan jumlah kesalahan terbanyak. Instrumen penelitian meliputi tes dan pedoman wawancara, dengan teknik analisis data yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan lima jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa yaitu tahapan memahami (comprehention) yaitu sebanyak 50%, kesalahan menyimpulkan jawaban (encoding) yaitu sebanyak 22,85%, kesalahan keterampilan proses (process skill) yaitu sebanyak 18,57%, kesalahan pada tahapan transformasi (transformation) yaitu 4,29% dan terakhir kesalahan pada tahap membaca (reading) yaitu 4,29%. Kesalahan membaca terjadi karena kurangnya kemampuan literasi matematika siswa. Kesalahan memahami terjadi karena kebiasaan siswa yang langsung melakukan perhitungan tanpa menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan. Kesalahan transformasi disebabkan oleh kesulitan siswa dalam mengidentifikasi permasalahan dan kurangnya pemahaman konsep matematika. Kesalahan keterampilan proses terjadi karena ke tidak telitian dalam melakukan operasi hitung. Kesalahan menyimpulkan jawaban terjadi dikarenakan siswa tidak teliti dan tidak terbiasa menuliskan jawaban akhir.
Downloads
References
Amir, Z. (2015). Mengungkap Seni Bermatematika Dalam Pembelajaran. Suska Journal of Mathematics Education, 1(1), 60. https://doi.org/10.24014/sjme.v1i1.1364
Amni, R., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar Bagian Balok Berdasarkan Teori Newman. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(3), 215. https://doi.org/10.24014/juring.v4i3.13560
Eka Febriana, Ria Sudiana, A. S. P. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matimatika Bertipe HOTS Berdasarkan Teori Newman. 7, 1.
Hasanah, U., Saniy, K. A., Amalia, S. R., Hidayah, N., & Arumdani, A. P. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Soal Matriks Berdasarkan Langkah Polya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 4(1). https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/1170%0Ahttps://proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/download/1170/758
Jamal, F. (2022). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pertidaksamaan Kuadrat Berdasarkan Prosedur Newman. Maju, 5(2), 41–51.
Meisy, M. S. M., Tri Aniah, & Siti Salamah. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Penyajian Data Kelas Ix Smp Sungai Raya. Jurnal Cartesian (Jurnal Pendidikan Matematika), 1(2), 91–99. https://doi.org/10.33752/cartesian.v1i2.2515
Nuraini, E. (2020). Analisis proses matematisasi horizontal dan vertikal siswa dalam menyelesaikan soal PISA. Skripsi. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya, 1–118. https://core.ac.uk/download/pdf/333894494.pdf
Prof. Dr. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta,Cv.
Restuningsih, & Khabibah, S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Pemecahan Soal Cerita Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel. Jurnal Cartesian (Jurnal Pendidikan Matematika), 1(1), 32–41. https://doi.org/10.33752/cartesian.v1i1.2078
Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari gaya belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 163–177. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.34290
Utami, S. (2017). Pengaruh model pembelajaran flipped classroom tipe peer instruction flipped terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34720
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sidqi Naufi Eka Zalfa, Novia Dwi Rahmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika (e-ISSN: 2809-0918) for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Mathematics Education Department, Universitas Hasyim Asyari Jombang, Indonesia as publisher of the journal.
The contents of the articles and advertisements published in the Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.