Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Soal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa

Authors

  • akun fariha universitas hasyim asy'ari
  • Nihayatus Sa’adah Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang

DOI:

https://doi.org/10.33752/cartesian.v4i1.6522

Keywords:

hasil belajar, kartu soal, problem based learning

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi statistika di kelas VIII SMP Negeri 1 Jombang. Banyak siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) karena siswa masih kesulitan dalam memahami konsep dasar, terutama menentukan nilai rata-rata. Untuk mengatasi masalah ini, guru dapat menerapkan pendekatan yang lebih interaktif seperti model Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan media kartu soal. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy eksperimen dengan posttest-only control design. Subjek penelitian terdiri dari dari dua kelas, yaitu kelas VIII-F sebanyak 33 siswa sebagai kelas eksperimen yang diajar menggunakan model PBL berbantuan media kartu soal dan kelas VIII-E sebanyak 32 siswa sebagai kelas kontrol yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen pengumpulan data menggunakan hasil posttest siswa. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar matematika pada materi statistika, di peroleh bahwa rata-rata nilai hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 85,15, sementara rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol sebesar 60,16. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar siswa pada kelas eksperimen melampaui standar KKM yang ditetapkan yakni 75. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) adalah sebesar 0,000. Karena nilai signifikansi yang didapat lebih kecil dari taraf signifikansi yang ditentukan (0,000 < 0,05), artinya ada perbedaan hasil belajar antara kelas yang diajar menggunakan model PBL berbantuan media kartu soal dengan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini penerapan model Problem Based Learning berbantu media kartu soal dapat meningkatkan hasil belajar siswa agar mencapai KKM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Haqqul, A., & Saraswati, S. (2023). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Statistika Kelas Viii. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 241–249. https://doi.org/10.33752/cartesian.v2i2.2887

Khofifah, A. (2019). Keefektifan Model Pbl Berbantu Question Card Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sdn Kalisoka 03 Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal.

Kusainun, N. (2020). Analisis Standar Penilaian Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan, 5(1), 134–154.

Nugroho, D. F., Harjono, N., & Airlanda, G. S. (2018). Peningkatan Proses Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Kartu Soal Pada Siswa Kelas 5 Sd Negeri Sidorejo Lor 03 Salatiga Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 197–206. https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.359

Nurhuda, N. I., Wulan, neneng S., & Suharti, E. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika Kelas V. Jurnal Pacu Pendidikan Dasar, 3(1), 105–113.

Fitroh, R., Khabibah, S., & Sa’adah, N. (2023). Efektivitas Pembelajaran Matematika Materi Segiempat Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Ditinjau dari Hasil Belajar. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 16–22. https://doi.org/10.33752/cartesian.v3i1.5169

Sapriyah. (2019). Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349

Sianturi, R. (2022). Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, dan Agama, 8(1), 386–397. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.507

Siswanah, E. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terstruktur terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Walisongo Semarang. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 6(1), 13–24. https://doi.org/10.21580/phen.2016.6.1.941

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.

Sukarni, W. (2020). Uji Perbandingan Hasil Belajar Siswa kelas VIII C dan VIII E SMPN 08 Kota Jambi. Jurnal Profesi Keguruan, 6(1), 29–35. https://www.google.com/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&ca d=rja&uact=8&ved=0CAIQw7AJahcKEwjAtsHH7YL_AhUAAAAAHQAA AAAQAw&url=https%3A%2F%2Fjournal.unnes.ac.id%2Fnju%2Findex.ph p%2Fjpk%2Farticle%2Fdownload%2F22806%2F10211&psig=AOvVaw37g lyt4YidGdSrElG0O

Downloads

Published

2024-11-28

How to Cite

fariha, akun, & Nihayatus Sa’adah. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Soal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa . Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 33–41. https://doi.org/10.33752/cartesian.v4i1.6522