Respon Siswa Terhadap Model Contextual Teaching And Learning Pada Materi Bangun Ruang
Keywords:
bangun ruang, Contextual Teaching and Learning, model pembelajaran, respon siswaAbstract
Matematika merupakan ilmu yang mempelajari tentang bilangan dan ilmu tentang logika yang saling berhubungan. Salah satu materi dalam matematika adalah bangun ruang, yang dekat dalam kehidupan sehari-hari karena berbagai macam benda di sekitar berbentuk bangun ruang sehingga memungkinkankan siswa dapat dengan mudah mempelajarinya. Kenyataan dilapangan menunjukkan siswa masih kebingungan dalam mengimplementasikan rumus bangun prisma dan limas karena kedua rumus bangun tersebut terdapat kemiripan. Oleh karena itu alternatif solusi yang bisa dimplementasikan dalam mengatasi permasalahan tersebut yaitu melalui Contextual Teaching and Learning yang membuat siswa terlibat aktif dalam pembelajaran melalui pengalaman langsung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui respon siswa terhadap model Contextual Teaching and Learning pada materi bangun ruang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan subjek siswa kelas VII SMPN 1 Diwek Jombang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui angket respon siswa tertutup dengan menggunakan skala likert empat. Teknik pengolahan data angket diawali dengan menjumlahkan skor pernyataan. Setelah itu, menentukan nilai rata-ratanya agar dapat dikonversi. Dan hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa respon siswa pada materi bangun ruang dengan model Contextual Teaching and Learning dikategorikan positif, dengan persentase rata-rata skor sebesar 77,08%. Hasil ini terlihat selama proses pembelajaran siswa terdorong untuk bekerjasama, menumbuhkan rasa keingintahuan yang akhirnya membuat siswa lebih bersemangat dalam pembelajaran.
Downloads
References
Afida, U. N., Puspitorini, A., Kusstianti, N., & Megasari, D. S. (2024). Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Hasil Praktik Nail Art SMK Negeri 3 Kediri. Jurnal Tata Rias, 13(1), 1-9.
Djuwita, D. (2015). Bangun Datar Dan Bangun Ruang. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Friska, N. S. (2014). Keefektifan Pembelajaran Matematika Realistik Setting Kooperatif Tipe TPS (Think Pair and Share) (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Makassar).
Indahwati, D. S., & Abdullah, M. H. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(6), 3542-3556.
Mardiyanto, M. R. (2021). Analisis Penerimaan Penerapan Sistem Zoom Cloud Meetings Sebagai E-Meeting Pada Pengguna Jasa Pelatihan Business Wisdom Institute (BWI) Menggunakan Technology Acceptance Model 2 (Tam 2). Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 57-70.
Nurhidayah, N., Yani, A., & Nurlina, N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual (CTL) Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas XI SMA Handayani Sungguminasa Kabupaten Gowa. Jurnal Pendidikan Fisika , 4 (2), 161- 174.
Situmorang, A. S., & Gultom, S. P. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP UHN. Jurnal Suluh Pendidikan FKIP-UHN, 5, 33-45.
Shoffa, S., & Suprapti, E. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning dengan Pendekatan STEM dalam Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 111-123.
Sujarweni, V. W. (2014). Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Perss.
Wardania, E., & Rahmawati, N. D. (2021). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif
Tipe Think Talk Write Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di MTs Darul Qur’an Tahun Ajaran 2020/2021. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 42-50.
Yolanda, F. (2019, Desember). Pengaruh pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Dalam Jurnal Fisika: Seri Konferensi (Vol. 1397, No. 1, hal. 012082). Penerbitan IOP.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 niken ariana, Iesyah Rodliyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika (e-ISSN: 2809-0918) for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Mathematics Education Department, Universitas Hasyim Asyari Jombang, Indonesia as publisher of the journal.
The contents of the articles and advertisements published in the Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.