Proses Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Operasi Hitung Aljabar

Authors

  • Nur Hidayah Universitas Islam Sultan Agung
  • Imam Kusmaryono Universitas Islam Sultan Agung
  • Mochamad Abdul Basir Universitas Islam Sultan Agung

DOI:

https://doi.org/10.33752/cartesian.v4i1.6326

Keywords:

kemampuan berpikir kritis, pembelajaran berdiferensiasi

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi digunakan untuk memenuhi kebutuhan siswa dalam memahami materi pembelajaran sehingga kemampuan berpikir kritis siswa dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran berdiferensiasi terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis pada materi operasi hitung aljabar. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Sultan Agung Semarang dengan subjek penelitian adalah guru matematika dan 30 siswa kelas VII A5. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, wawancara, tes, dan studi dokumen. Hasil penelitian ini yaitu langkah pembelajaran dengan identifikasi keragaman, membagi kelompok siswa, memberikan diferensiasi konten, memberikan diferensiasi proses, dan memberikan diferensiasi produk. Lembar kerja yang diberikan memuat langkah FRISCO. Focus difasilitasi dengan bentuk soal PGK (Pilihan Ganda Kompleks) berupa langkah-langkah, uraian, dan soal cerita. Reason difasilitasi guru memberikan pendekatan agar siswa dapat mengkonstruksi konsep dengan tahapan-tahapan yang telah diberikan guru. Inference difasilitasi guru membantu siswa membuat kesimpulan yang tepat. Situation difasilitasi guru memberikan arahan agar semua diisi dan dicek pengerjaan siswa secara berkala. Clarity difasilitasi guru memberikan tugas yang dikaitkan dengan kehidupan sehari- hari. Overview difasilitasi guru memberikan stimulus, waktu pengerjaan, dan arahan untuk mengecek ulang jawaban sebelum dikumpulkan. Peningkatan kemampuan berpikir kritis terbukti dari nilai lembar kerja pertemuan pertama, kedua, ketiga, dan tes kemampuan berpikir kritis. Inteval nilai 81-100 dengan kategori sangat tinggi meningkat 100%. Indikator kemampuan berpikir kritis juga dipenuhi rata-rata 90% siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Shehri, M. S. (2020). Effect of differentiated instruction on the achievement and development of critical thinking skills among sixth-grade science students. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 19(10), 77– 99. https://doi.org/10.26803/IJLTER.19.10.5

Aminudin, M., & Basir, M. A. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Menilai Kebenaran Pernyataan Matematis. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 369–382. https://doi.org/10.30738/union.v7i3.5841

Arif, D. S. F., Zaenuri, & Cahyono, A. N. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis pada Model Problem Based Learning (PBL) berbantu media pembelajaran interaktif dan Google Classroom. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 2018, 323–328.

Balkish, P.S., D. Dasari., A, Jupri., P, Fitrisari., D, D. (2023). Analisis Pengalaman Pengembangan Diri Guru Matematika Terhadap Pembelajaran Yang Berdiferensiasi dan Mendorong Berpikir Kritis. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1297–1308. https://doi.org/https://org/10.30738/trihayu.v2i3.752

Cindyana, E. A., Alim, J. A., & Noviana, E. (2022). Jurnal PAJAR ( Pendidikan dan Pengajaran ) Volume 6 Nomor 4 Juli 2022 | ISSN Cetak : 2580 - 8435 | ISSN Online : 2614 - 1337 Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Materi Ajar Geometri Berbasis Rme Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Ke. 6, 1179–1187.

Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10

Hetilaniar, Subyantoro, & Pristiwati, R. (2022). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Pewara Mahasiswa Semester Iii Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas PGRI Palembang. Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan, 20, 385–397. https://doi.org/https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i3.9978

Kusmaryono, I. (2021). Strategi Scaffolding Pada Pembelajaran Learning / Development. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung 2 (Sendiksa 2), 2(2), 26–37.

Lukman, H. S., Setiani, A., & Agustiani, N. (2023). Validitas Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Berdasarkan Teori FRISCO. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 7(1), 55–67. https://doi.org/10.35706/sjme.v7i1.6960

Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49– 57. https://siducat.org/index.php/ghaitsa/article/view/188

Maslakhatunni’mah, D., Safitri, L. B., & Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VII SMP. Seminar Nasional Pendidikan Sains 2019, 179–185.

Muhlisah, U., Misdaliana, M., & Kesumawati, N. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMA. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2793–2803. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2762

Parwati, N. N., Suryawan, I. P. P., & Apsari, ratih A. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Rajawali Pers.

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin. 17(33), 81–95.

Safianti, S., Shoffa, S., & Suprapti, E. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning dengan Pendekatan STEM dalam Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Cartesian (Jurnal Pendidikan Matematika), 1(2), 111–123. https://doi.org/10.33752/cartesian.v1i2.2530

Sousa, D. A. (2011). How to brain learns: corwin.

Wardani, N. W. (2023). Analisis Pendekatan Berdiferensiasi Pada Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Vi Di Sd Negeri Bandungrojo. http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28722

Wijayanti, A. A., Maerhaeni, N. H., & Hastuti, S. (2024). Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Kemampuan Numerasi Dan Minat Belajar. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 3(1), 69–76. https://doi.org/10.47233/jpst.v3i1.1522

Yuliani, Neni dan Pujiastuti, heni. (2023). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Kelas Atas Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08.

Downloads

Published

2024-11-28

How to Cite

Hidayah, N., Kusmaryono, I., & Abdul Basir, M. (2024). Proses Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Operasi Hitung Aljabar. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 12–25. https://doi.org/10.33752/cartesian.v4i1.6326