EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI SEGIEMPAT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DITINJAU DARI HASIL BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.33752/cartesian.v3i1.5169Keywords:
Jigsaw, Hasil Belajar, SegiempatAbstract
Pendidikan menjadi program pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam pendidikan, proses pembelajaran harus direncanakan oleh guru agar pembelajaran dapat berjalan secara efektif. Namun faktanya, tidak sedikit guru yang hanya menggunakan metode ceramah saat melaksanakan pembelajaran di kelas. Hal ini membuat siswa kurang aktif, mengantuk dan bosan sehingga sulit memahami materi dan mendapatkan hasil belajar yang rendah. Oleh karena itu, seorang guru perlu merencanakan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik siswa dan karakteristik materi yang akan disampaikan. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan guru saat proses pembelajaran matematika materi segiempat yaitu model pembelajaran jigsaw. Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran jigsaw ditinjau dari hasil belajar siswa kelas VII. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes materi segiempat yang sejumlah enam soal pada siswa kelas VII materi segiempat. Data yang didapat meliputi data hasil belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif untuk mendapatkan tingkat pencapaian hasil belajar siswa. Pembelajaran dikatakan efektif jika hasil belajar siswa secara klasikal di atas 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 87,5% siswa mendapat nilai minimal 75. Dengan kata lain, model pembelajaran jigsaw efektif ditinjau dari hasil belajar siswa kelas tujuh materi segiempat.
Downloads
References
Aisyah, d. (2021). Keieifeiktifan Modeil Peimbeilajaran Koopeiratf Tpei Talking Stick Pada Mateiri Lingkaran Siswa Keilas VIII MTs Nuiruil Iman. Eid-Huimanistics, 824-828.
Cahyani, I. T. (2018). Peimbeilajaran Mateimatika Meilaluii Modeil Jigsaw Dan Two Stay Two Stray Teirhadap Hasil Beilajar Ditinjaui Dari Keiaktifan Beilajar Siswa. Suirakarta: Uiniveirsitas Muihammadiyah Suirakarta.
Hasmiati, H. &. (2012). Eifeiktivitas Modeil Peimbeilajaran Koopeiratif Tipei Jigsaw Teirhadap Hasil Beilajar Mateimatika. Juirnal Peindidikan Mateimatika, 141-148.
Juiwaeiriah, S. (2017). Peingaruih Modeil Peimbeilajaran Koopeiratif Tipei Jigsaw Teirhadap Motivasi Beilajar dan Hasil Beilajar Siswa Pada Mata Peilajaran Mateimatika. Attadib Jouirnal of Eileimeintary Eiduication, 78-93.
Kahar, M. S. (2020). Peingaruih Modeil Peimbeilajaran Koopeiratif Tipei Jigsaw Teirhadap Peiningkatan Hasil Beilajar. Aksioma, 279-295.
Linda, A. d. (2022). 164 Modeil Peimbeilajaran Konteimporeir. Indoneisia: Puisat Peineirbitan LPPM.
Luibis, N. A. (2016). Peimbeilajaran Koopeiratif Tipei Jigsaw. Juirnal As-Salam, 96-102.
Nadzifah, d. (2021). Keieifeiktifan Modeil Peimbeilajaran Coopeirativei Script Pada Mateiri Banguin Ruiang Sisi Leingkuing Keilas IX MTs Daruil Uiluim Suimbeir Peingantin Jogoroto. Eid-Huimanistics, 843-848.
Nuiryami, d. (2022). Filsafat Peindidikan Mateimatika . Suimateira Barat: PT. Global Eikseikuitif Teiknologi.
Puitra, A. (2021). Peineirapan Modeil Peimbeilajaran Koopeiratif Tipei Jigsaw Uintuik Seikolah Dasar. Suirabaya: Jaka Meidia Puiblishing.
Sa'adah, R. &. (2022). Eifeiktivitas Peingguinaan Aplikasi Peiar Deick Dalam Peimbeilajaran Daring Mata Kuiliah Aljabar Abstrak Lanjuit. Fibonacci, 127-136.
Shoimin, A. (2014). Modeil Peimbeilajaran Inovatif dalam Kuirikuiluim 2013. Yogyakarta: Ar-Ruizz Meidia.
Suigiyono. (2017). Meitodei Peineilitian Peindidikan Peindeikatan Kuiantitatif, Kuialitatif, dan R&D. Alfabeita.
Thifal, d. (2020). Eifeiktivitas Modeil Peimbeilajaran Jigsaw Teirhadap Hasil Beilajar Mateimatika Siswa SMK. Yogyakarta: UiNION.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rokhimatul Fitroh, Siti Khabibah, Nihayatus Sa'adah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika (e-ISSN: 2809-0918) for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Mathematics Education Department, Universitas Hasyim Asyari Jombang, Indonesia as publisher of the journal.
The contents of the articles and advertisements published in the Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.