ANALISIS MATHEMATICS CURIOSITY PADA CALON GURU MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.33752/cartesian.v3i1.5163Keywords:
Mathematics Curiosity, Calon Guru Matematika, Pembelajaran MatematikaAbstract
Mathematics curiosity adalah suatu sikap positif yang berpengaruh pada keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran matematika. Oleh sebab itu, mahasiswa bisa menerapkan mathematics curiosity saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mathematics curiosity mahasiswa. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu mahasiswa pada salah satu universitas di Kabupaten Kudus tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 76 mahasiswa. Sedangkan sampel dalam penenlitian ini berjumlah 17 mahasiswa yang diambil secara purposive sampling. Instrumen pada penelitian ini menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasa ingin tahu matematika pada mahasiswa secara keseluruhan terbilang sedang dengan nilai rata- rata angket sebesar 65,75%.
Downloads
References
Asmoro, B. P., & Mukti, F. D. (2019). Peningkatan Rasa Ingin Tahu Ilmu Pengetahuan Alam melalui Model Contextual Teaching and Learning pada Siswa Kelas Va Sekolah Dasar Negeri Karangroto 02. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 115–142.
Fadilah, I., & ST, K. (2019). Identifikasi Sikap Rasa Ingin Tahu Siswa terhadap Pembelajaran Fisika Di Man 1 Batanghari. Sukma: Jurnal Pendidikan, 3(2), 217–231.
Hadiat, H. L., & Karyati, K. (2019). Hubungan Kemampuan Koneksi Matematika, Rasa Ingin Tahu dan Self-Efficacy dengan Kemampuan Penalaran Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 200–210.
Hakim, L., & Marzuki, I. (2019). Pendidikan Karakter Rasa Ingin Tahu melalui Pembelajaran Konstruktif Dalam Kisah Musa Dan Khidir. Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan Tadarus Tarbawy, 1(2), 138–151.
Hartati, L. (2015). Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3).
Karim, A. (2015). Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(3).
Latifah, U. H., & Widjajanti, D. B. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Statistika dan Peluang Berbasis Multiple Intelligences Berorientasi pada Prestasi, Pemecahan Masalah, dan Rasa Ingin Tahu. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 176.
Mardhiyana, D., & Sejati, E. O. W. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 672–688.
Nehru, N., & Irianti, E. (2019). Analisis Hubungan Rasa Ingin Tahu dengan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 7(1), 53-59.
Raharja, S., Wibhawa, M. R., & Lukas, S. (2018). Mengukur Rasa Ingin Tahu Siswa [Measuring Students'curiosity]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(2), 151- 164.
Riduwan, & Sunarto. (2009). Pengantar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Sthephani, A., & Yolanda, F. (2021). Analisis pada Penyeleisaian Analisis Kompleks: Curiosity Attitude Mahasiswa. ANARGYA: Jurnal Ilmiah
Pendidikan Matematika, 4(1), 11–16.
Subekti, E. E. (2011). Menumbuh Kembangkan Berpikir Logis dan Sikap Positif
Terhadap Matematika melalui Pendekatan Matematika Realistik. Malih
Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 1(1).
Suharyat, Y. (2009). Hubungan antara Sikap, Minat dan Perilaku Manusia. Jurnal
region, 1(3), 1-19.
Sumanik, N. B., Nurvitasari, E., & Siregar, L. F. (2021). Analisis Profil
Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Calon Guru Pendidikan
Kimia. Quantum J. Inov. Pendidik. Sains, 12(1), 22.
Wardani, N. S. (2011). Pengruh Model Pembelajaran terhadap Kreativitas Mahasiswa.
Wulandari, T., & Ansori, H. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Missori
Mathematics Project terhadap Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).
Zetriuslita, Z. (2016). Profil Sikap Ilmiah Rasa Ingin Tahu (Curiosity) Matematis Mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 8(1), 41-46.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rizka Kamalia, Putri Nur Malasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika (e-ISSN: 2809-0918) for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Mathematics Education Department, Universitas Hasyim Asyari Jombang, Indonesia as publisher of the journal.
The contents of the articles and advertisements published in the Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.