IDENTIFIKASI PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER

Authors

  • Muhammad Kutbi Muhammad Kutbi Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Eric Dwi Putra Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Marsidi Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.33752/cartesian.v2i1.3333

Keywords:

Thinking process, Polya stages, gender

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi proses berpikir siswa saat menyelesaikan masalah ditinjau dari perbedaan gender. Subyek pada penelitian ini yakni siswa kelas VIII A,B yang terdiri dari empat siswa laki-laki dan empat siswa perempuan dengan kategori kemampaun tinggi dan sedang . Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu soal tes dan wawancara. Kemudian data dianalisis menggunakan analisis data kualitatif yang mencakup reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa siswa laki-laki berkemampuan tinggi memiliki tipe berpikir konseptual, sedangkan proses berpikir siswa perempuan berkemampuan tinggi memeliki tipe berpikir konseptual. Kemudian hasil analisis data siswa laki-laki berkemampuan rendah memiliki tipe berpikir konseptual, sedangkan proses berpikir siswa perempuan berkemampuan rendah memeliki tipe berpikir tidak terdefinisikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, A. M. 2017. Aspek Merencanakan Pemecahan Masalah Geometri Ditinjau dari Pendekatan Polya Berdasarkan Gender. Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai-Nilai Islami, 1(1), 319.

Ayuni, D. R. 2018. Profil Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Perbedaan Gender Pada Materi Geometri Di Kelas X1 Keperawatan 1 SMK Muhamadiyah 7 Gondanglegi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 361–370.

Cahyono, B. 2017. Analisis Ketrampilan Berfikir Kritis Dalam Memecahkan Masalah Ditinjau Perbedaan Gender. Aksioma, 8(1), 50–64.

Handyani, W., & Kurniasari, I. (2018). Identifikasi Proses Berpikir Siswa SMP Kelas VII Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pertidaksamaan Linier Satu Variabel Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 371–379.

Haniffah, D. & Manoy, J. T. (2014). Identifikasi Tipe Berpikir dengan Soal Higher Order Thinking (HOT) ditinjau Berdasarkan Kemampuan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika MATHEdunesa. 3(3). 40-46

Kusumo, M. H., & Suliani, M. (2020). Identifikasi Tipe Berpikir Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Matematika. MANDALIKA Mathematics and Educations Journal, 2(2), 76.

Mardhiyana, D., & Sejati, E. O. W. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 672–688.

Mawardi, A. V., Yanti, A. W., & Arrifadah, Y. (2020). Analisis Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Review Pembelajaran Matematika. 5(1), 40–52.

Nilamsari, Nicken, E. P. A. (2020). Proses Berpikir Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Turunan Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 37–44.

Nurhayati, E., & Subekti, F. E. (2017). Deskripsi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar Dan Gender. Journal of Mathematics Education : AlphaMath, 3(1), 66–78.

Rahayuningsih, S., & Feriyanto, F. (2018). Analisis Proses Berpikir Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Grup Ditinjau dari Gender. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1664–1673.

Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10.

Ramli, A. & Hidayat, E. (2019). Kemampuan dan Proses Berpikir Reflektif Metematika Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Treffinger. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Universitas Siliwangi Tasikmalaya.

Rochana, S. (2019). Analisis Proses Berpikir Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Soal Matematika Diskri. Hal 268–271.

Sari, P. S. (2017). Proses Berpikir Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matemaika Berdasarkan Gaya Belajar KOLB. Mathedunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume 2 Nomor 6 Tahun 2017, 57-64.

Siswono, T. Y. E. (2016). Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif sebagai Fokus Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Senatik 1), 1–17.

Sulisawati, D. N., & Putra, E. D. (2020). “Identifikasi Proses Berpikir Konseptual Siswa Smp Melalui Metode Mind Mappingâ€. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 3(1), 52-65.

Taufik, A. (2019). Sedcription of Thinking Process in Solving Mathematics Problems Based on Brandsford and Stein’s Stages Reviewed from Adversity Quotient. Masters Thesis, Universitas Negeri Makassar.

Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 137–144.

Published

2022-11-30

How to Cite

Muhammad Kutbi, M. K., Dwi Putra, E. ., & Marsidi. (2022). IDENTIFIKASI PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 62–84. https://doi.org/10.33752/cartesian.v2i1.3333