PENGARUH PERAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS

Authors

  • Miftahur Rohmah Universitas Hasyim Asy’ari
  • Siti Faizah Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang

DOI:

https://doi.org/10.33752/cartesian.v2i1.2934

Keywords:

Peran Orang Tua, Hasil Belajar Matematika, Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Abstract

Dewasa ini karena Pembelajaran dilakukan dengan tatap muka terbatas yang sesuai dengan SKB 4 menteri, maka diperlukan pengawasan orang tua ketika pembelajaran dilakukan di rumah. Orang tua memegang tanggung jawab serta peran penting untuk terlaksananya pembelajaran ini berlangsung, karena peserta didik akan lebih banyak menghabiskan waktu belajarnya di rumah bersama orang tua dan keluarga. Penelitian bertujuan guna : 1) mengetahui pengaruh peran orang tua terhadap hasil beajar Matematika Siswa ketika pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. 2) mengetahui besar hubungan peran orang tua pada hasil belajar Matematika siswa ketika pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan pengambilan 60 siswa sebagai sampel menggunakan teknik random samplling. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket /kuisioner guna mencari data peran orang tua serta dokumentasi guna mencari data hasil belajar matematika siswa. Prosentase dan analisis regresi linier sederhana merupakan Teknik analisis data yang digunakan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: a) Presentase peran orang tua tergolong dalam kategori “baik†yakni sebesar 68,97%, serta peran orang tua memiliki pengaruh pada hasil belajar matematika siswa yang ditunjukkan dengan signifikansi Fhitung <Ftabel yakni 0,024 <0,05 dengan artian bahwasanya H0 ditolak dan Ha diterima. b) Besar pengaruh peranorang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 7 SMPN 5 Jombang ketika pembelajaran tatap muka terbatas yakni sebesar 8,5% serta yang 91,1% dipengaruhi faktor lain. Besarnya korelasi antara peran orang tua dan hasil belajar matematika siswa yakni 0,292. Yang memiliki artian bahwa peran orang tua mempunyai hubungan pengaruh yang “rendah†terhadap hasil belajar matematika siswa, yang ditunjukan dengan tabel interpretasi korelasi yang berada pada interval {r|0,20≤r<0,40}.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baharuddin, & Wahyuni, E. N. (2015). Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Bullah, H., & Rokhman, M. (2020). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak Perspektif Al Qur’an dan Hadis. Scholastica: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 81–82.

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 4–6.

Chalim, S., & Anwas, E. O. M. (2018). Peran Orangtua dan Guru dalam Membangun Internet sebagai Sumber Pembelajaran. Jurnal Penyuluhan, 14(1), 33–42.

Fadillah, M. (2016). Desain pembelajaran PAUD. In Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Jumarniati. (2014). Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas x sman di kecamatan biringkanaya. Prosiding Seminar Nasional, 02(01), 328–336.

Khoiriyatul, H. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Anak Selama Pembelajaran Daring Tema 3 Subtema 3 Siswa Kelas 3 Mi Nurul Hidayah Rancang Kencono Lamongan. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Deepublish.

Rosyidah, A. L. (2021). Pengaruh Pemanfaatan Sumber Internet Terhadap Intensitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas 8 di MTs Salafiyah Syafi’iyah Bandung Diwek Jombang. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Sanjaya, W. (2009). Pengajaran. In Ilmu dan aplikasi Pendidikan Bagian 2: Ilmu Pendidikan Praktis (pp. 151–176). Jakarta: IMTIMA.

Sari, D. (2017). Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional 20 Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 1–43.

Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Umar, M. (2015). Peranan Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 20–28.

Wahyuningsih, E. S. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning: Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Published

2022-11-30

How to Cite

Miftahur Rohmah, & Faizah, S. . (2022). PENGARUH PERAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 85–91. https://doi.org/10.33752/cartesian.v2i1.2934