ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI PENYAJIAN DATA KELAS IX SMP SUNGAI RAYA
DOI:
https://doi.org/10.33752/cartesian.v1i2.2515Keywords:
kemampuan pemecahan masalah, penyajian data, indikator PoylaAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis kemampuan siswa kelas IX terhadap pemecahan masalah menggunakan materi penyajian data. Terdapat empat indikator kemampuan pemecahan masalah siswa adalah: memahami masalah, merencanakan masalah, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis deskriptif adalah jenis penelitian yang digunakan dengan metode kualitatif yang dilihat dari hasil tes siswa. Instrumen yang digunakan adalah sebuah tes kemampuan pemecahan masalah. Data analisis pengerjaan siswa dikategorikan ke lima level diataranya sangat kurang, kurang, cukup, baik, sangat baik. Hasil analsisi menunjukan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah masih rendah. Untuk soal nomor satu dikategorikan cukup dan nomor dua dikategorikan kurang Kemampuan pemecahan masalah siswa terhambat oleh kurangnya pemahaman soal dan kurangnya ketelitian dalam membaca soal.
Downloads
References
Aida, N., Kusaeri, K., & Hamdani, S. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematias dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi SPLDV. Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 130. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897
Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematik Siswa Kelas Xi Sma Putra Juang Dalam Materi Peluang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144–153. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.62
Andayani, F., & Lathifah, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–10.
https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.78
Anggo, M. (2011). Pemecahan Masalah Matematika Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa. Edumatika, 1(2), 35–42. https://online-journal.unja.ac.id/index.php/edumatica/article/view/182
Haloho, S. H. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Pada Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project.
Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian & Pengembangan Research & Development (M. R. Aqli (ed.); 1st ed.). Literasi Nusantara.
Laila, Z., Aima, Z., & Yunita, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. Horizon, 1(3), 588–600. https://doi.org/10.22202/horizon.v1i3.5257
Lestari, A. D., Hartoyo, A., & Suratman, D. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Statistika Siswa Di Kelas Viii SMP Negeri 6 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kahatulistiwa, 9(9), 1–8.
Nadhifa, N., Maimunah, M., & Roza, Y. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 63–76. https://doi.org/10.25217/numerical.v3i1.477
Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 137–144. https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.2.137-144
Dwiranata, D., Pramita, D., & Syaharuddin, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. Jurnal Varian, 3(1), 1–5.
Pasehah, A. M., & Firmansyah, D. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Penyajian Data. Prosiding Sesiomadika, 2(1d).
Siagian, M. D. (2012). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ Dengan Pendekatan Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 1(2), 58–67.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika (e-ISSN: 2809-0918) for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Mathematics Education Department, Universitas Hasyim Asyari Jombang, Indonesia as publisher of the journal.
The contents of the articles and advertisements published in the Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.