EKSPLORASI KEMBALI ETNOMATEMATIKA PADA JAJANAN PASAR DI DAERAH CILEUNGSI
DOI:
https://doi.org/10.33752/cartesian.v1i2.2477Keywords:
etnomatematika, geometri, jajanan pasarAbstract
Pembelajaran mengenai konsep matematika sangatlah penting demi meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi. Peran serta budaya dalam menumbuhkan karakter dan identitas bangsa, dapat seiring sejalan dengan integrasi budaya sebagai media dalam menumbuhkan pemahaman terhadap konsep matematika. Etnomatematika memudahkan kita memahami konsep matematika sekaligus mempelajari budaya yang ada di sekitar kita. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui etnomatematika pada jajanan pasar dengan materi matematika geometri. Metode penelitiannya adalah kualitatif dengan pendekatan etnografi. Hasil penelitian yang didapat yaitu terdapat unsur budaya dan materi matematika geometri pada jajanan pasar yang ada di Daerah Cileungsi.
Downloads
References
Makanan Khas Bogor saat Hujan: Mengenyangkan dan Membuat Hangat Badan. (2021). https://lapisbogor.co.id/makanan-khas-bogor-saat-hujan/ diakses 13 Maret 2022
Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. Prosiding Seminar Nasional Sains, 2(1), 491–500. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/5389
Dewi, D. S. (2020). Sejarah Klepon Makna dan Cara Membuatnya. Tirto.Id. https://tirto.id/sejarah-klepon-makna-dan-cara-membuatnya-fSxQ diakses pada 13 Maret 2022
Huda, N. T. (2018). Etnomatematika pada bentuk jajanan pasar di Daerah Istimewa Yogyakarta. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 217–232. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.870
Iman, M. (2020). Filosofi Klepon yang Ternyata Indonesia Banget. GoodNews from Indonesia. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/07/22/filosofi-klepon-yang-ternyata-indonesia-banget diakses pada 22 Maret 2022
Khasana, V. A., Setiyawan, H., & Desiningrum, N. (2020). Pengaruh Aplikasi Instagram Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Matematika Materi Volume Bangun Ruang Di SDN Bakung Temenggungan Balongbendo Sidoarjo. Child Education Journal, 2(2), 83–91. https://doi.org/10.33086/cej.v2i2.1590
Lisgianto, A., & Mulyatna, F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Dimensi Tiga Berbasis Etnomatematika untuk SMK Teknik. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 15–28. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/5558
Menjoi, Y. (2019). Lemper Isi Abon Ikan. Cookpad. https://cookpad.com/id/resep/8324372-lemper-isi-abon-ikan diakses pada 21 Maret 2022
Muliani, M. M., Makur, A. P., Kurnila, V. S., & Sutam, I. (2020). Mbaru Niang Dalam Perspektif Etnomatematika Di Kampung Ruteng Pu’U. Journal of Honai Math, 3(1), 57–76. https://doi.org/10.30862/jhm.v3i1.108
Mulyatna, F., Imswatama, A., & Rahmawati, N. D. (2021). Design Ethnic-Math HOTS: Mathematics Higher Order Thinking Skill Questions Based On Culture and Local Wisdom. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 4(1), 48. https://doi.org/10.29103/mjml.v4i1.3059
Mumu, J., & Aninam, P. A. (2018). Analisis Konteks Asal Budaya Papua Dalam Pendidikan Matematika Realistik. Journal of Honai Math, 1(1), 24. https://doi.org/10.30862/jhm.v1i1.768
Mumu, J., & Tanujaya, B. (2018). Desain Pembelajaran Materi Operasi Pada Himpunan Mengunakan Permainan “Lemon Nipis.†Journal of Honai Math, 1(1), 14. https://doi.org/10.30862/jhm.v1i1.770
Puspita, P. (2017). Oleh-oleh Lapis Talas dari Kota Talas. Bobo. https://bobo.grid.id/read/08678573/oleh-oleh-lapis-talas-dari-kota-talas diakses pada 14 Februari 2022
Rusmayanti, & Sutirna. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Kue Tradisional Semprong Khas Dari Karawang. Maju: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 76–83. https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/704
Sukadari, S., Suyata, S., & Kuntoro, S. A. (2015). Penelitian etnografi tentang budaya sekolah dalam pendidikan karakter di sekolah dasar. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 3(1), 58–68. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jppfa.v3i1.7812
Wijaya, H. (2018). Analisis data kualitatif model spradley. Research Gate, March, 1–9.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika (e-ISSN: 2809-0918) for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Mathematics Education Department, Universitas Hasyim Asyari Jombang, Indonesia as publisher of the journal.
The contents of the articles and advertisements published in the Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.