EKSPLORASI KEMBALI ETNOMATEMATIKA PADA JAJANAN PASAR DI DAERAH CILEUNGSI

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33752/cartesian.v1i2.2477

Keywords:

etnomatematika, geometri, jajanan pasar

Abstract

Pembelajaran mengenai konsep matematika sangatlah penting demi meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi. Peran serta budaya dalam menumbuhkan karakter dan identitas bangsa, dapat seiring sejalan dengan integrasi budaya sebagai media dalam menumbuhkan pemahaman terhadap konsep matematika. Etnomatematika memudahkan kita memahami konsep matematika sekaligus mempelajari budaya yang ada di sekitar kita. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui etnomatematika pada jajanan pasar dengan materi matematika geometri. Metode penelitiannya adalah kualitatif dengan pendekatan etnografi. Hasil penelitian yang didapat yaitu terdapat unsur budaya dan materi matematika geometri pada jajanan pasar yang ada di Daerah Cileungsi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Makanan Khas Bogor saat Hujan: Mengenyangkan dan Membuat Hangat Badan. (2021). https://lapisbogor.co.id/makanan-khas-bogor-saat-hujan/ diakses 13 Maret 2022

Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. Prosiding Seminar Nasional Sains, 2(1), 491–500. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/5389

Dewi, D. S. (2020). Sejarah Klepon Makna dan Cara Membuatnya. Tirto.Id. https://tirto.id/sejarah-klepon-makna-dan-cara-membuatnya-fSxQ diakses pada 13 Maret 2022

Huda, N. T. (2018). Etnomatematika pada bentuk jajanan pasar di Daerah Istimewa Yogyakarta. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 217–232. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.870

Iman, M. (2020). Filosofi Klepon yang Ternyata Indonesia Banget. GoodNews from Indonesia. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/07/22/filosofi-klepon-yang-ternyata-indonesia-banget diakses pada 22 Maret 2022

Khasana, V. A., Setiyawan, H., & Desiningrum, N. (2020). Pengaruh Aplikasi Instagram Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Matematika Materi Volume Bangun Ruang Di SDN Bakung Temenggungan Balongbendo Sidoarjo. Child Education Journal, 2(2), 83–91. https://doi.org/10.33086/cej.v2i2.1590

Lisgianto, A., & Mulyatna, F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Dimensi Tiga Berbasis Etnomatematika untuk SMK Teknik. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 15–28. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/5558

Menjoi, Y. (2019). Lemper Isi Abon Ikan. Cookpad. https://cookpad.com/id/resep/8324372-lemper-isi-abon-ikan diakses pada 21 Maret 2022

Muliani, M. M., Makur, A. P., Kurnila, V. S., & Sutam, I. (2020). Mbaru Niang Dalam Perspektif Etnomatematika Di Kampung Ruteng Pu’U. Journal of Honai Math, 3(1), 57–76. https://doi.org/10.30862/jhm.v3i1.108

Mulyatna, F., Imswatama, A., & Rahmawati, N. D. (2021). Design Ethnic-Math HOTS: Mathematics Higher Order Thinking Skill Questions Based On Culture and Local Wisdom. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 4(1), 48. https://doi.org/10.29103/mjml.v4i1.3059

Mumu, J., & Aninam, P. A. (2018). Analisis Konteks Asal Budaya Papua Dalam Pendidikan Matematika Realistik. Journal of Honai Math, 1(1), 24. https://doi.org/10.30862/jhm.v1i1.768

Mumu, J., & Tanujaya, B. (2018). Desain Pembelajaran Materi Operasi Pada Himpunan Mengunakan Permainan “Lemon Nipis.†Journal of Honai Math, 1(1), 14. https://doi.org/10.30862/jhm.v1i1.770

Puspita, P. (2017). Oleh-oleh Lapis Talas dari Kota Talas. Bobo. https://bobo.grid.id/read/08678573/oleh-oleh-lapis-talas-dari-kota-talas diakses pada 14 Februari 2022

Rusmayanti, & Sutirna. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Kue Tradisional Semprong Khas Dari Karawang. Maju: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 76–83. https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/704

Sukadari, S., Suyata, S., & Kuntoro, S. A. (2015). Penelitian etnografi tentang budaya sekolah dalam pendidikan karakter di sekolah dasar. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 3(1), 58–68. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jppfa.v3i1.7812

Wijaya, H. (2018). Analisis data kualitatif model spradley. Research Gate, March, 1–9.

Published

2022-04-30

How to Cite

Mulyatna , F., Karim, A., & Wiratomo, Y. (2022). EKSPLORASI KEMBALI ETNOMATEMATIKA PADA JAJANAN PASAR DI DAERAH CILEUNGSI. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 76–84. https://doi.org/10.33752/cartesian.v1i2.2477