Pengaruh Kualitas Pelayanan, Customer Experience dan Komunikasi Interpersonal terhadap Kepuasan Jamaah Haji PT. Rihlah Multazam Al Mubaroqah Medan
DOI:
https://doi.org/10.33752/bisei.v9i2.7572Keywords:
Kualitas Pelayanan, Customer Experience, Dan Komunikai Interpersonal Terhadap Kepuasan Jamaah HajiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pengaruhnya kualitas pelayanan, customer experience, dan komunikasi interpersonal terhadap kepuasan jamaah Haji pada PT. Rihlah Multazam Al Mubaroqah. Penelitian ini memakai metode kuantitatif yaitu data yang diukur dalam skala angka, yang didasarkan pada data yang bersifat cross section yang diambil dalam satu waktu. Populasi dan Sampel dari penelitian ini ialah Jamaah Haji yang terdata telah menggunakan layanan Haji pada PT. Rihlah Multazam Al Mubaqorah sebanyak 65 jamaah. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian yang dilakukan dengan taraf kepercayaan 95% berdasarkan sig. 5%, maka variabel kualitas pelayanan, customer experience, dan komunikasi interpersonal berpengaruh terhadap kepuasan jamaah yang didasarkan pada nilai sig <0.05. Secara simultan kualitas pelayanan, customer experience, dan komunikasi interpersonal berpengaruh terhadap kepuasan jamaah pada PT. Rihlah Multazam Al Mubaroqah 81,9% terhadap kepuasan jamaah sedangkan sisanya sebesar 18,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Downloads
References
Akmal, H., & Saputra, Y. E. (2016). Analisis tingkat literasi keuangan. JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 1(2), 235–244.
Algifari. (2000). Analisis Regresi Teori, Kasus dan Solusi. BPFE.
Amiruddin, A. (2018). Pemberdayaan usaha kecil menengah (UKM) binaan dinas perdagangan Kota Surabaya dalam upaya meningkatkan kesejahteraan. Universitas Airlangga.
Antonio, M. S. (2001). Bank Syariah: dari teori ke praktik. Gema Insani.
Arafah, S. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harga Saham Syariah di PT. Unilever, TBK. Bisei: Jurnal Bisnis Dan Ekonomi Islam, 2(2).
Arafah, S., & Sembiring, E. A. (2018). Analisis Pengaruh Kepuasan Dengan Pemakaian Metode Perpektual Terhadap Penggunaan Aplikasi Quickbooks Accounting System (Studi Kasus UD. Rizky assila ULFA). Bisei: Jurnal Bisnis Dan Ekonomi Islam, 3(2).
ARAFAH, S., & TANJUNG, Y. (2019). Analisis Faktor Determinan Yang Mempengaruhi Pemakaian Metode Jit (Studi Kasus UD. Pusaka Bakti). Bisei: Jurnal Bisnis Dan Ekonomi Islam, 4(01).
Darung, F., & Kristinae, V. (2020). Arsitektur Strategi Bisnis Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ukm Makanan Kecil Pada Masa Covid-19 Di Kalimantan Tengah. MEDIA BINA ILMIAH, 15(1), 3815–3822.
Desiyanti, R. (2017). Literasi dan inklusi keuangan serta indeks utilitas umkm di padang. Bisman-Jurnal Bisnis & Manajemen, 2(02), 122–134.
Dienillah, A. A., & Anggraeni, L. (2016). Dampak inklusi keuangan terhadap stabilitas sistem keuangan di asia. Buletin Ekonomi Moneter Dan Perbankan, 18(4), 409–430.
Ghozali, I. (2005). Analisis Multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
HT, H. A., Meiria, E., & Arafah, S. (2024). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pelaku UMKM Memilih Pembiayaan iB Muamalat Modal Kerja Melalui Inklusi Keuangan Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(3).
Jauhari, J. (2010). Upaya pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) dengan memanfaatkan e-commerce. JSI: Jurnal Sistem Informasi (E-Journal), 2(1).
Kuncoro, M. (2009). Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi, Edisi Ketiga. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.
Lubis, M. R., & Arafah, S. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nasabah Dalam Menggunakan Layanan m-banking Pada PT. Bank Sumut Syariah KCSy. Medan. Management, Accounting, Islamic Banking and Islamic Economic Journal, 1(2), 613-626.
Mumtahaen, I. (2021). Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap implementasi Refinancing Syariah pada pembiayaan mikro syariah dengan Akad Murabahah di Bank Syariah Mandiri Rancaekek Bandung. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Nasution, C. S. (2014). Kebijakan Financial Inclusion Dalam Rangka Penanggulangan Kemiskinan Di Negara-Negara Anggota G20 (1st ed.). Deepublish.
Purwana, A. E. (2014). Kesejahteraan dalam Perspektif Ekonomi Islam. Justicia Islamica, 11(1), 21–42.
Putri, N., & Rahyuda, H. (2017). Pengaruh Tingkat Financial Literacy dan Faktor Sosiodemografi terhadap Perilaku Keputusan Investasi Individu. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 6(9), 3407–3434.
Rivai, V. (2007). Bank and Financial Institution Management Conventional & Sharia System. PT. Raja Grafindo Persada.
Sanistasya, P. A., Rahardjo, K., & Iqbal, M. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan dan Inklusi Keuangan Terhadap Kinerja Usaha Kecil di Kalimantan Timur. Journal Economia, 15(1), 48–59.
Suhaimi, A. (2016). Pengembangan & Pemberdayaan Masyarakat (1st ed.). Deepublish.
Sujarweni, V. W. (2016). Kupas tuntas penelitian akuntansi dengan SPSS. Yogyakarta: Pustaka Baru Pers.
Widjajanti, K. (2011). Model pemberdayaan masyarakat. Jurnal Ekonomi Pembangunan: Kajian Masalah Ekonomi Dan Pembangunan, 12(1), 15–27.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 M. Riyo Pratama, Santi Arafah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ini adalah sebuah jurnal akses terbuka, yang berarti bahwa semua konten yang tersedia secara bebas tanpa biaya kepada pengguna atau / nya lembaganya. Pengguna yang diizinkan untuk membaca, download, menyalin, mendistribusikan, cetak, mencari, atau link ke teks lengkap dari artikel, atau menggunakannya untuk tujuan yang sah lainnya, tanpa meminta izin terlebih dahulu dari penerbit atau penulis.
This is an open access journal, which means that all content is freely available without charge to the user or his/her institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of the articles, or use them for any other lawful purpose, without asking prior permission from the publisher or the author.