IMPROVING THE STUDENTS' READING COMPREHENSION THROUGH THE SSS (START WITH SIMPLE STORIES) METHOD IN EXTENSIVE READING ACTIVITTY

Authors

  • Zainuddin Universitas Islam Zainul Hasan
  • Beny Hamdani Universitas Islam Zainul Hasan
  • Avinda Mega Deviana Universitas Islam Zainul Hasan

DOI:

https://doi.org/10.33752/teflics.v2i1.2649

Keywords:

SSS METHOD extensive reading, conventional way, low achieving students, comprehension

Abstract

Makalah ini menyajikan gagasan penerapan membaca ekstensif Metode SSS untuk meningkatkan pemahaman siswa berprestasi rendah di sekolah. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SMA di Probolinggo. Dua kelas dari mereka ditugaskan sebagai kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok kontrol diajar membaca pemahaman dengan cara konvensional, sedangkan kelompok eksperimen diajar membaca dengan metode membaca ekstensif Metode SSS. Setelah perlakuan kedua kelompok diberikan post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam pencapaian pemahaman membaca siswa. Para siswa di kelompok eksperimen secara signifikan memperoleh skor lebih tinggi daripada yang di kelompok kontrol. Kesimpulan dari temuan penelitian adalah bahwa siswa berprestasi rendah tahun pertama SMAI NURUS SALAFIYAH Probolinggo yang diajar dengan membaca ekstensif METODE SSS memiliki kemampuan pemahaman membaca yang lebih baik daripada siswa yang diajar membaca dengan cara konvensional. Secara umum, memaparkan siswa pada kegiatan membaca ekstensif METODE SSS dapat secara efektif meningkatkan prestasi pemahaman membaca mereka.

Downloads

Download data is not yet available.
TEFLICS - IMPROVING THE STUDENTS’ READING COMPREHENSION THROUGH THE SSS (START WITH SIMPLE STORIES) METHOD  IN EXTENSIVE READING ACTIVITTY

Downloads

Published

2022-06-29

How to Cite

Zainuddin, Hamdani, B., & Deviana, A. M. . (2022). IMPROVING THE STUDENTS’ READING COMPREHENSION THROUGH THE SSS (START WITH SIMPLE STORIES) METHOD IN EXTENSIVE READING ACTIVITTY . Teaching English As Foreign Language, Literature and Linguistics, 2(1), 11–29. https://doi.org/10.33752/teflics.v2i1.2649

Issue

Section

Articles