Profil Kemandirian Belajar Siswa SD Pada Pembelejaran Matematika Di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.33752/ijpse.v3i2.3362Kata Kunci:
Kemandirian Belajar, MatematikaAbstrak
Melihat kondisi pembelajaran sekarang. ditemukan beberapa masalah yaitu dapat dilihat dari cara
belajar peserta didik yang sangat bermacam-macam. Ada peserta didik yang aktif dan pasif. Ada
peserta didik yang mandiri dan ada yang bergantung pada orang lain. Pada penelitian ini peneliti
akan mendeskripsikan kemandirian belajar siswa di SD Muhammadiyah Siday, dimana diambil
sampel siswa yang berkemandirian belajar tinggi, sedang dan rendah dari angket yang diberikan
beserta konsultasi dengan guru, setelah sampel diambil peneliti melakukan wawancara kepada wali
murid dan wali kelas setelah itu membandingkan transkip nilai harian dan nilai akhir semester. Hasil
yang didapatkan peserta didik yang berkemandirian tinggi memiliki sedikit kendala dalam
belajarnya dan mampu menyelesaikan sendiir. Sedangkan peserta didik yang berkemandirian rendah
sulit untuk menyelesaikan kendala belajarnya. Tingkat kemandirian belajar juga berpengaruh pada
nilai yang diperoleh. Peserta didik yang memiliki kemandirian belajar tinggi memperoleh nilai diatas
rata-rata teman sekelasnya. Begitupula sebaliknya, siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah
memperoleh nilai dibawah rata-rata teman sekelasnya.