PENGGUNAAN MEDIA RODA PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR MENULISAKSARA JAWASISWA
DOI:
https://doi.org/10.33752/ijpse.v1i1.1103Kata Kunci:
Media roda pintar, hasil belajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengunaan media roda pintar terhadap hasil belajar menulis abjad aksara Jawa (aksara legena) siswa kelas III SDN Sengon II Jombang. Hasil penelitian ini di harapkan memberikan pemikiran yang dapat digunakan sebagai sumber informasi untuk menambah pengetahuan, serta digunakan sebagai masukan dan bahan pertimbangan bagi lembaga-lembaga yang terkait dalam pembelajaran BahasaJawa dan digunakan sebagai literature untuk penelitian selanjutnya. Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimental dan desain yang digunakan adalah one group pretest-posttest desain. yang mana siswa terlebih dahulu diberikan soal prets untuk mengetahui seberapa besar kemampuan siswa sebelum diberikan perlakuan. kemudian siswa diberikan soal posttes untuk mengetahui efek dari perlakuan yang telah diberikan. Subjek penelitian pada siswa kelas III SDN Sengon II Jombang tahun ajaran 2019/2020 pada semester genap .Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes.Penelitian dilakukan pada semester genap bulan februari-april. variabel penelitian ini yaitu menggunakan variabel bebas dan variabel terikat. instrument penelitian ini yang digunakan yaitu: lembar test, lembar angket, lembar observasi dan lembar wawancara. Siswa yang diberikan tes belum dan sesudah pembelajaran menggunakan media roda pintar pada pembelajaran menulis abjad aksara Jawa (aksara legena), dari uji pretest dan posttest yang telah dilakukan diperoleh hasil rata-rata pretest 66 dengan 8 siswa memperoleh nilai dibawah KKMdan 17 siswa memperoleh nilai diatas KKM, sedangkan rata-rata posttest 91,6 tidak terdapat siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM dengan peroleh nilai yang cukup memuaskan. Respon positif data hasil angket siswa sebesar 67,2% hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media roda pintar dalam pembelajaran Bahasa Jawa dapat membawa pengaruh positif terhadap hasil belajar dan minat belajar siswa.