PUBLICATION ETHICS

Publication Ethics

Kode etik publikasi merupakan norma yang harus dipatuhi oleh penulis yang akan mempublikasikan karya ilmiahnya dalam media publikasi. Norma dasar dalam melakukan publikasi adalah mengutamakan, moral, integritas ilmiah, dan kejujuran penulis.

  • Moral; mampu membedakan perilaku yang baik dan yang buruk dalam penulisan.
  • Integritas ilmiah;menjunjung tinggi kaidah, hakekat dan kebenaran ilmiah, sehingga tidak mengorbankannya demi kepentingan apapun.
  • Kejujuran;apa yang dilakukan penulis sesuai dengan kondisi obyektif sesungguhnya, dan tidak melakukan hal-hal yang tidak sepatutnya dilakukan dalam penelitian / penulisan (misconduct)

Kode etik yang wajib dipenuhi oleh para Penulis yang akan mempublikasikan artikel ilmiahnya pada Jurnal IJPSE :

  1. Penulis harus menjunjung tinggi scientific conduct memahami manfaat /keuntungan dan resiko tulisan yang dipublikasikan.
  2. Artikel yang dipublikasikan bebas dari malalaku (misconduct), meliputi : Rekaan (fabrikasi), pemalsuan data (falsifikasi), dan Plagiarism / autoplagiarism. 
  3. Penulis wajib mencantumkan sitasi yang memadai pada semua, ide, statement, data, yang bukan hasil penelitiannya.
  4. Artikel yang dipublikasikan bidang ilmunya sesuai atau relevan dengan bidang ilmu Jurnal IJPSE yaitu Pendidikan.
  5. Para penulis yang tercantum pada artikel yang dipublikasikan adalah benar-benar mereka yang kompetens dan mempunyai kontribusi berarti dalam penulisan artikel tersebut.
  6. Penulis tidak melakukan publikasi ganda terhadap artikel yang akan dipublikasikan ini (double manuscript submission) ke jurnal atau sarana publikasi lain, secara bersamaan (serentak) 
  7. Bagian atau keseluruhan Artikel yang dipublikasikan belum pernah terpublikasi pada sarana publikasi lain. 
  8. Artikel yang dipublikasikan adalah asli (orsinil) hasil penelitian, gagasan atau pemikiran Penulis.

 Editor

  1. Editor bertanggungjawab dalam memutuskan artikel layak/tidak untuk dipublikasikan. Editor berhak menerima, menolak atau miminta perbaikan artikel.
  2. Editor wajib memastikan bahwa naskah yang diterima adalah benar-benar hasil penelitian dan bebas dari unsur plagiasi.
  3. Dalam proses penyuntingan, editor harus benar-benar menyunting berdasarkan muatan intelektual dari karya dan tidak membedakan ras, jenis kelamin, agama, etnis, kewarganegaraan penulis.
  4. Editor wajib menjaga kerahasiaan setiap informasi tentang naskah/artikel yang masuk.
  5. Naskah yang tidak diterbitkan tidak akan disalahgunakan untuk kepentingan penelitian editor sendiri

 Reviewer

  1. Reviewer membantu editor dalam membuat keputusan terhadap naskah yang masuk dengan mereview artikel sesuai dengan bidang keilmuannya.
  2. Proses review naskah harus dilakukan secara objektif dan didukung dengan argumen yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan.
  3. Reviewer harus memastikan bahwa penulis telah mencantumkan sumber rujukan, referensi  atau data dalam penelitian. Riviewer juga harus memastikan bahwa naskah bebas dari unsur plagiarisme.
  4. Dalam proses review, reviewer hendanknya melaksanakan tuga sesuai dengan rentang waktu yang telah disepakati dan segera menginformasikan jika membutuhkan tenggang waktu.

Penerbit 

  1. Jurnal IJPSE bertanggungjawab menerbitkan artikel setelah melalui proses review artikel, editing, dan layoting sesuai dengan aturan penerbitan jurnal ilmiah.
  2. Jurnal IJPSE bertanggungjawab memberikan jaminan kebebasan akademik bagi para editor dan reviewer dalam menjalankan tugasnya masing-masing.
  3. Jurnal IJPSE bertanggungjawab menjaga kerahasian dan melindungi hak cipta dan kekayaan intelektual serta kebebasan editorial.