MODERASI BERAGAMA PERSPEKTIF HABIB HUSEN JA’FAR DAN ROMO REYNALDO ANTONI HARYANTO PADA ACARA LOG IN DALAM CHANNEL YOUTUBE DEDDY CORBUZIER
DOI:
https://doi.org/10.33752/spektra.v4i1.8447Keywords:
Moderasi Beragama, Habib Husein Ja’far, Romo Reynaldo Antoni Haryanto, YouTube Deddy CorbuzierAbstract
Penelitian ini mengkaji konsep moderasi beragama yang dipresentasikan oleh Habib Husein Ja’far dan Romo Reynaldo Antoni Haryanto dalam acara Log In yang disiarkan di channel YouTube Deddy Corbuzier episode 26. Habib Ja’far, seorang pendakwah dan penulis terkenal, dikenal luas di kalangan generasi Z hingga sekarang karena ajaran moderasi beragamanya. Dalam perbincangan podcast tersebut, Habib Ja’far berbicara tentang pentingnya keseimbangan dalam beragama dan menghindari ekstremisme. Di sisi lain, Romo Reynaldo Antoni Haryanto, seorang tokoh Katolik, memberikan pandangannya mengenai moderasi beragama dalam tradisi Katolik. Penelitian ini berfokus pada tiga hal: pertama, perspektif moderasi beragama menurut Habib Ja’far dalam acara tersebut, kedua, perspektif moderasi beragama menurut Romo Reynaldo Antoni Haryanto, dan ketiga, perbandingan antara kedua perspektif moderasi beragama tersebut. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi, data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi dari video YouTube dan literatur terkait. Hasil analisis menunjukkan bahwa meskipun keduanya memiliki latar belakang agama yang berbeda, pesan moderasi beragama yang disampaikan mengedepankan prinsip keadilan, keseimbangan, dan penghargaan terhadap perbedaan keyakinan sebagai dasar untuk membangun harmoni antar umat beragama.
Downloads
References
Akmalia, A. (2024). DETERMINAN MINAT ENTREPRENEURSHIP GENERASI Z DI ERA [KULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA]. In JURUSAN EKONOMI SYARIAH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA (Vol. 15, Issue 1). https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/81209/1/ANNISA AKMALIA-FEB.pdf
Arif, M. K. (2020). Moderasi Islam, Telaah Komprehensif Pemikiran Wasathiyah Islam Perspektif Al-Quran dan As Sunnah Menuju Islam Rahmatan Lil Alamin. Jakarta: Pustaka Ikadi, 82–85.
Arisah, Y. dkk. (2022). nilai-nilai pendidikan moderasi beragama dalam al-qur’an surah al-baqarah ayat 143 dan 256 (studi komparatif penafsiran M. Quraish Shihab dan Hamka). AL-HUDA, 1, 1–28.
Corbuzier, D. (2023). ROMO DATANG, ONAD PUN MENANG❗YAKIN❓❗#LogIndiCloseTheDoor - EPS. 26. Deddy Corbuzier. https://www.youtube.com/watch?v=9EtDR6R4ZDg
Fatihatusshofwa, M., Haekal Fatahillah Akbar, M., Hamzah Nashrullah, M., Abdul Muhyi, A., & Sunan Gunung Djati Bandung, U. (2023). Perspektif Islam Tentang Moderasi Beragama: Analisis Tafsir Maudhu’i. 3(1), 2807–6346. www.stiq-almultazam.ac.id
Hammad, A. M. Al. (2018). RADIKALISME DI KALANGAN MAHASISWA SURABAYA (Studi Kasus Kreteria Radikalisme Menurut Yusuf al-Qardhawi) [JURUSAN AQIDAH DAN FILSAFAT ISLAM FAKULTAS USHULUDDIN DAN FILSAFAT UNIVERSITAS ISLAM NEGRI SUNAN AMPEL SURABAYA]. In JURUSAN AQIDAH DAN FILSAFAT ISLAM FAKULTAS USHULUDDIN DAN FILSAFAT UNIVERSITAS ISLAM NEGRI SUNAN AMPEL SURABAYA (Vol. 6, Issue 1). http://dx.doi.org/10.1016/j.gde.2016.09.008%0Ahttp://dx.doi.org/10.1007/s00412-015-0543-8%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/nature08473%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jmb.2009.01.007%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jmb.2012.10.008%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s4159
Hefni, W. (2020). Moderasi Beragama dalam Ruang Digital: Studi Pengarusutamaan Moderasi Beragama di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Jurnal Bimas Islam, 13(1), 1–22. https://doi.org/10.37302/jbi.v13i1.182
Helminia Salsabila, dkk. (2022). Peran Generasi Z dalam Moderasi Beragama di Era Digital. Al-Adyan: Journal of Religious Studies, 3(2), 118. http://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/aladyan/article/view/4814
Inayatillah, I. (2021). Moderasi Beragama di Kalangan Milenial Peluang, Tantangan, Kompleksitas dan Tawaran Solusi. Tazkir : Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 7(1), 123–142. https://doi.org/10.24952/tazkir.v7i1.4235
Irawan, I. K. A. (2020). Merajut Nilai-Nilai Kemanusiaan Melalui Moderasi Beragama. Prosiding STHD Klaten Jawa Tengah, 1(1), 82–89.
Khalida An Nadhrah, N., Casram, & Hernawan, W. (2023). MODERASI BERAGAMA MENURUT YUSUF Al-QARDHAWI, QURAISH SHIHAB, DAN SALMAN AL-FARISI. Living Islam: Journal of Islamic Discourses, 6(1). https://doi.org/10.14421/lijid.v6i1.4365
Kumari Nihar Kaur, M. P. (2024). Religious Moderation in Indonesia :Implementation by National Christian Institution to Strengthen National Resilience. Technium Social Sciences Journal, 53, 356.
Laveda, M., & Maharani, E. (2020). Apa Itu Wasathiyyah? Ini Penjelasan Quraish Shihab. Republika.Com. https://khazanah.republika.co.id/berita/qkgbrk335/apa-itu-wasathiyyah-ini-penjelasan-quraish-shihab?utm_source=chatgpt.com
Nur, A., & Lubis, M. (2015). Konsep Wasathiyah dalam Al-Quran (Studi Komparatif antara Tafsir al-Tahrîr wa at-Tanwîr dan Aisar at-Tafâsîr). An-Nur, 4(2), 205–225.
Nurlaila, N., Halimatussakdiah, H., Ballianie, N., Dewi, M., & Syarnubi, S. (2023). Internalisasi Pendidikan Karakter Pada Anak Dalam Bingkai Moderasi Beragama. Nasional Education Conference, July, hal 23.
Putra, A., Homsatun, A., Jamhari, J., Setiani, M., & Nurhidayah, N. (2021). Pemikiran Islam Wasathiyah Azyumardi Azra sebagai Jalan Moderasi Beragama. Jurnal Riset Agama, 1(3), 212–222. https://doi.org/10.15575/jra.v1i3.15224
Putri, S. N. A., & Fadlullah, M. E. (2022). Wasathiyah (Moderasi Beragama) Dalam Perspektif Quraish Shihab. International Journal of Educational Resources, 03(03), 66–80.
Shihab, M. Q. (2019). Wasathiyyah. PT. Lentera Hati.
Sholikhah, A. (1970). Statistik Deskriptif Dalam Penelitian Kualitatif. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(2), 342–362. https://doi.org/10.24090/komunika.v10i2.953
Wahid, A. (2015). Yang Terbaik Ada di Tengah. NU Online2. https://nu.or.id/taushiyah/yang-terbaik-ada-di-tengah-q9zmv
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 elya afifah yusuf Elya Afifah Yusuf

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.