Penerapan Metode Quality Function Deployment (QFD) Pada Kinerja Angkutan Umum Kawasan Industri Marmer Di Kabupaten Tulungagung

Authors

  • - Susilowati Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Kahuripan Kediri

DOI:

https://doi.org/10.33752/reaktom.v2i1.153

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik penumpang dan pelayanan angkutan umum, Mengevaluasi kinerja rute angkutan umum, Membuat rekomendasi penataan angkutan umum di Kawasan Industri Marmer dengan memperhatikan tingkat pelayanan terhadap penumpang di Kabupaten Tulungagung. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif mengenai karakteristik penumpang dan pelayanan angkutan umum, analisa kinerja rute, pelayanan lalu lintas dan metode QFD (Quality Function Deployment). Dari kajian ini diketahui bahwa karakteristik sosial ekonomi penumpang angkutan umum di kawasan industri marmer, mayoritas perempuan 70%, 40% bekerja lain-lain, 40% dengan tingkat penghasilan > 2.000.000. Karakteristik Spasial di kawasan industri marmer, mayoritas 40% pelayanan sangat tidak nyaman, 30% berasal dari rumah, 20% berasal dari Kecamatan Pakel, 34% menuju tempat wisata, 22% menuju Kecamatan Tanggunggunung, 40% maksud bekerja, 40% lewat kawasan industri marmer pukul 07.00 – 09.00. Hasil evaluasi kinerja rute, kecepatan rata-rata segmen 1 rute Campurdarat – Besuki 12,81 km/jam sedangkan rute Besuki – campurdarat yaitu 10,87 km/jam, pada segmen 2 rute Campurdarat – Besuki 12,74 km/jam dan rute Besuki – Campurdarat 10,84 km/jam. Load Factor dari kedua rute dengan nilai 54,84% dan 51,11%. Headway rute Campurdarat – Besuki hari selasa 40,91 menit, hari kamis 39,66 menit, hari minggu 26,41 menit sedangkan rute Besuki – Campurdarat hari selasa 36,60, hari kamis 37,78 menit, hari minggu 31,38 menit. Tingkat pelayanan jalan segmen 1 hari selasa 0,48, hari kamis 0,40, hari minggu 0,54 sedangkan segmen 2 hari selasa 0,44, hari kamis 0,36 dan hari minggu 0,51. Rekomendasi bagi perbaikan pelayanan angkutan umum pada kawasan industri marmer adalah Perbaikan headway angkutan, Mempertahankan kinerja operasional seperti kecepatan rata-rata sesuai dengan standarnya, Perbaikan tingkat pelayanan jalan dan Perbaikan tingkat pelayanan angkutan demi kenyamanan dan keselamatan penumpang.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-04-22

How to Cite

Susilowati, .-. (2017). Penerapan Metode Quality Function Deployment (QFD) Pada Kinerja Angkutan Umum Kawasan Industri Marmer Di Kabupaten Tulungagung. Reaktom : Rekayasa Keteknikan Dan Optimasi, 2(1). https://doi.org/10.33752/reaktom.v2i1.153

Issue

Section

Articles