LKPD BASED ON GROUP INVESTIGATION: MEDIA DEVELOPMENT ON ENVIROMENTAL POLLUTION MATERIALS

Penulis

  • Dwinda Agustin Universitas Hasyim Asy'ari
  • Nur Hayati Pendidikan IPA, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hasyim Asy’ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/ns.v1i2.3442

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKPD berbasis GI pada materi pencemaran lingkungan serta menjelaskan proses dari pengembangan LKPD pada materi pencemaran lingkungan. Prosedur pengembangan yang digunakan yakni sesuai dengan tahapan ADDIE. Proses pengembangan ini dengan tujuan untuk mendeskripsikan kelayakan berdasarkan nilai validitas yang diperoleh. Uji kelayakan dilakukan oleh 2 ahli yakni ahli materi dan ahli media serta 1 guru IPA. Penelitian pengembangan ini menghasilkan LKPD berbasis GI pada materi pencemaan lingkungan. Pengembangan yang dilakukan terbatas pada tahap Analyze, Design, Development, dan Evaluation. LKPD yang dikembangkan disesuaikan dengan langkah Group Investigation. Pengembangan yang telah dilakukan dengan menggunakan uji kelayakan. Hasil nilai kelayakan dari validator dihitung dengan menggunakan rumus hitung kemudian dimasukkan dalam kriteria validitas LKPD. Analisis data yang digunakan yakni analisis validitas LKPD yang diperoleh dari angket penilaian kelayakan LKPD. Nilai validitas menunjukkan bahwa LKPD GI mendapatkan skor rata-rata sebesar 3,68 termasuk dalam kategori sangat valid.  

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Listyawati, M. 2012. Pengembangan perangkat pembelajaran IPA Terpadu di SMP. Journal of Innovative Science Education, 1(1).

Pawestri, E., & Zulfiati, H. M. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Untuk Mengakomodasi Keberagaman Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas Iima di SD Muhammadiyah Danunegaran. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 6(3).

Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Slavin, R.,E., 2015. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik (Terjemah Narulita Yusron). Bandung: Nusa Media.

Sukmawati, M. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Software Prezi Pada Materi Atom, Molekul dan Ion Kelas VIII untuk SMP (Skripsi, Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng).

Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. 2014. Model penelitian pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif,Progresif,Dan Konseptual: Konsep,Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/TKI). Jakarta: Prenadamedia Group.

Wahyuningsih, I. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar IPA. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 4(1), 26-33.

Diterbitkan

2022-12-31

Terbitan

Bagian

Articles