Kesalahan Penulisan Konjungsi Pada Teks Berita Siswa Kelas IX Di Mts Salafiyah Syafi’iyah Khoiriyah Hasyim Seblak

Authors

  • Anisatul Azizah
  • Ahmad Faizi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hasyim Asy’ari, Jombang, Indonesia

Keywords:

kesalahan ejaan, penggunaan konjungsi, teks berita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi secara rinci berbagai kesalahan ejaan konjungsi yang ditemukan dalam teks berita yang ditulis oleh siswa. Studi ini dilatarbelakangi oleh observasi bahwa kesalahan ejaan dalam penggunaan konjungsi masih sering terjadi dalam karya tulis siswa, khususnya pada teks berita. Kesalahan-kesalahan ini tidak hanya berpotensi mengganggu pemahaman pembaca terhadap informasi yang disajikan, tetapi juga dapat secara signifikan memengaruhi kredibilitas teks berita tersebut di mata pembaca. Oleh karena itu, analisis yang mendalam dan upaya perbaikan terhadap kesalahan-kesalahan ini menjadi sangat penting dalam rangka meningkatkan kualitas bahasa dan profesionalitas teks berita yang dihasilkan oleh siswa. Teknik pengumpulan data yang diterapkan dalam penelitian ini adalah teknik simak dan catat, dengan menganalisis berbagai contoh teks berita karangan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa kategori kesalahan penggunaan konjungsi yang perlu mendapat perhatian, meliputi (1) kesalahan dalam penggunaan konjungsi kausal yang menghubungkan sebab dan akibat, (2) kesalahan dalam penggunaan konjungsi kopulatif yang berfungsi menggabungkan unsur-unsur dalam kalimat, dan (3) kesalahan dalam penggunaan konjungsi kontrastif atau adversatif yang menunjukkan adanya pertentangan atau perbandingan. Temuan ini mengimplikasikan perlunya strategi pembelajaran yang lebih efektif untuk meminimalkan kesalahan serupa di masa mendatang.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

30-03-2025

How to Cite

Azizah, A., & Faizi, A. (2025). Kesalahan Penulisan Konjungsi Pada Teks Berita Siswa Kelas IX Di Mts Salafiyah Syafi’iyah Khoiriyah Hasyim Seblak. Jurnal Ilmu Pendidikan, Sains, Dan Humaniora, 1(3), 113–124. Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/jipsara/article/view/8823

Issue

Section

Articles