Efektivitas Peran Canva Dalam Peningkatan Hasil Belajar Teks Prosedur Bahasa Indonesia
Keywords:
canva, efektivitas, hasil belajarAbstract
Teknologi dalam dunia pendidikan dapat mengubah sumber daya serta memperbaiki pengalaman pada siswa. Pengajaran yang membutuhkan gaya belajar dapat diterapkan dengan media pembelajaran pada era digital ini. Melalui penelitian ini untuk mengetahui efektivitas canva untuk upaya memperbaiki gaya belajar teks prosedur dalam materi di Bahasa Indonesia. Dalam penelitian ini menerapkan metode deskriptif kuantitatif dan dilaksanakan dikelas VII-B SMP Negeri 1 Jombang dengan hasil penelitian yang diperoleh sebelum menerapkan media canva yaitu 77,69% sedangkan setelah menerapkan pembelajaran dengan media canva hasil belajar siswa yaitu 84,53%, maka dapat disimpulkan bahwa efektivitas peran canva dalam meningkatkan hasil belajar mengalami peningkatan yang sangat baik. Dalam penelitian ini peneliti menemukan hasil peserta didik mampu menemukan ide untuk menyusun teks prosedur serta dapat menyusun teks prosedur dengan efektiv berupa kreativitas yang dimilikinya. Hal ini juga dapat mendorong pengembangan sebuah kemampuan yang terdapat pada konteks pembelajaran, pada peningkatan kemampuan hasil belajar siswa dalam menemukan ide-ide yang lebih efektif dan berkualitas