Efektivitas Peran Canva Dalam Peningkatan Hasil Belajar Teks Prosedur Bahasa Indonesia

Authors

  • Lailatul Hanifah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hasyim Asy’ari, Jombang, Indonesia
  • Arisni Kholifatu Amalia Shofiani Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hasyim Asy’ari, Jombang, Indonesia

Keywords:

canva, efektivitas, hasil belajar

Abstract

Teknologi dalam dunia pendidikan dapat mengubah sumber daya serta memperbaiki  pengalaman pada siswa. Pengajaran  yang  membutuhkan gaya belajar  dapat diterapkan dengan media pembelajaran pada era digital ini. Melalui penelitian ini untuk mengetahui efektivitas canva untuk upaya memperbaiki gaya belajar teks prosedur dalam materi di Bahasa Indonesia. Dalam penelitian ini  menerapkan metode deskriptif kuantitatif dan dilaksanakan dikelas VII-B SMP Negeri 1 Jombang dengan hasil penelitian yang diperoleh sebelum menerapkan media canva yaitu 77,69% sedangkan setelah menerapkan pembelajaran dengan media canva hasil belajar siswa yaitu 84,53%, maka dapat disimpulkan bahwa efektivitas peran canva dalam meningkatkan hasil belajar mengalami peningkatan yang sangat baik. Dalam penelitian ini peneliti menemukan hasil peserta didik mampu menemukan ide untuk menyusun teks prosedur serta dapat menyusun teks prosedur dengan efektiv berupa kreativitas yang dimilikinya. Hal ini juga dapat mendorong pengembangan sebuah kemampuan yang terdapat pada konteks pembelajaran, pada peningkatan kemampuan hasil belajar siswa dalam menemukan ide-ide yang lebih efektif dan berkualitas

Downloads

Download data is not yet available.

Published

30-03-2025

How to Cite

Hanifah, L., & Kholifatu Amalia Shofiani, A. (2025). Efektivitas Peran Canva Dalam Peningkatan Hasil Belajar Teks Prosedur Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan, Sains, Dan Humaniora, 1(3), 108–112. Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/jipsara/article/view/8815

Issue

Section

Articles