Transformasi Pendidikan di SDIT At Tibyan melalui Penerapan Kurikulum Merdeka
Keywords:
kurikulum merdeka, pengembangan karakter, transformasi pendidikanAbstract
Penerapan Kurikulum Merdeka di SDIT At Tibyan telah membawa perubahan signifikan dalam proses pendidikan dengan menitikberatkan pada kemandirian, kreativitas, serta penguatan karakter peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi Kurikulum Merdeka di SDIT At Tibyan serta dampaknya terhadap perubahan dalam sistem pendidikan di sekolah tersebut. Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan bagi sekolah dalam merancang pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik, dengan penekanan pada pengembangan karakter, kreativitas, dan kemandirian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, yang melibatkan wawancara mendalam, observasi partisipatif, serta analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka di SDIT At Tibyan telah berhasil mendorong peserta didik menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran, meningkatkan kemampuan berpikir kritis, serta menanamkan nilai-nilai akhlak mulia melalui integrasi nilai-nilai keislaman dalam setiap mata pelajaran. Meskipun menghadapi tantangan dalam hal adaptasi kurikulum dan keterbatasan fasilitas, sekolah ini mampu memanfaatkan fleksibilitas kurikulum untuk membentuk peserta didik yang tidak hanya unggul dalam akademik, tetapi juga berintegritas dan berkarakter Islami. Penelitian ini menekankan pentingnya dukungan berkelanjutan dari berbagai pihak guna meningkatkan efektivitas penerapan Kurikulum Merdeka.