Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Bangun Datar
Keywords:
bangun datar, hasil belajar matematika, model pembelajaran inkuiriAbstract
Hasil belajar matematika merupakan salah satu capaian belajar dalam memahami konsep, menerapkan keterampilan, dan menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun datar pada kelas VII. Rancangan penelitian ini menggunakan True Experimental Design bentuk Post-test Only Control Design. Penelitian ini melibatkan 29 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan 21 peserta didik sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa lembar tes sebanyak dua butir soal uraian. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial meliputi uji normalitas, uji homogenits dan uji t-tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Berdasarkan analisis yang disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun datar kelas VII.