Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Bangun Datar

Authors

  • Putri Ayu Lestari Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng, Jombang, Indonesia
  • Sari Saraswati Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng, Jombang, Indonesia

Keywords:

bangun datar, hasil belajar matematika, model pembelajaran inkuiri

Abstract

Hasil belajar matematika merupakan salah satu capaian belajar dalam memahami konsep, menerapkan keterampilan, dan menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun datar pada kelas VII. Rancangan penelitian ini menggunakan True Experimental Design bentuk Post-test Only Control Design. Penelitian ini melibatkan 29 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan 21 peserta didik sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa lembar tes sebanyak dua butir soal uraian. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial meliputi uji normalitas, uji homogenits dan uji t-tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Berdasarkan analisis yang disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun datar kelas VII.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

30-03-2025

How to Cite

Lestari, P. A., & Saraswati, S. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Bangun Datar. Jurnal Ilmu Pendidikan, Sains, Dan Humaniora, 1(3), 95–100. Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/jipsara/article/view/8610

Issue

Section

Articles