Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Keaktifan Siswa di MTs Negeri 12 Jombang

Authors

  • Bunga Citra Amelia Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng, Jombang, Indonesia
  • Nihayatus Sa’adah Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng, Jombang, Indonesia

Keywords:

Keaktifan, Matematika, Model Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan model pembelajaran yang masih berpusat pada guru dimana guru lebih berperan aktif dari pada siswa. Siswa cenderung pasif dan merasa bosan saat proses pembelajaran matematika berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap keaktifan siswa di MTs Negeri 12 Jombang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII, dengan pengambilan sampel menggunakan pusposive sampling. Sampel yang terpilih yaitu 33 siswa kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Data diperoleh melalui lembar observasi dan dianalisis secara Inferensial menggunakan uji-t untuk menentukan signifikansi perbedaan keaktifan siswa. Hasil penelitian didapatkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh pada masing-masing uji t keaktifan lebih kecil dari taraf signifikansi yang ditentukan (0,000 < 0,05), artinya ada pengaruh antara kelas yang diajar menggunakan model problem based learning dengan model pembelajaran konvesional. Demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini pengaruh model problem based learning dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

30-03-2025

How to Cite

Amelia, B. C., & Sa’adah, N. (2025). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Keaktifan Siswa di MTs Negeri 12 Jombang. Jurnal Ilmu Pendidikan, Sains, Dan Humaniora, 1(3), 89–94. Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/jipsara/article/view/8609

Issue

Section

Articles