Manajemen Perpustakaan Dalam Peningkatan Pembelajaran Siswa di MAN 3 Jombang

Authors

  • Vina Saroya Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng, Jombang, Indonesia
  • Lukman Hakim Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng, Jombang, Indonesia

Keywords:

pembelajaran siswa, pengelolaan perpustakaan, MAN 3 Jombang

Abstract

Perpustakaan sekolah memiliki peran penting dalam pendidikan, termasuk di MAN 3 Jombang yang menyediakan berbagai layanan seperti sirkulasi, bercerita, dan referensi. Penelitian ini membahas dukungan perpustakaan terhadap aktivitas belajar siswa di MAN 3 Jombang melalui manajemen perpustakaan yang baik, meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. Program literasi seperti angket kebutuhan buku, pemilihan duta baca, dan kelas dongeng disusun untuk meningkatkan literasi siswa. Fasilitas perpustakaan dilengkapi dengan alat peraga dan sistem manajemen terkomputerisasi untuk memudahkan peminjaman. Evaluasi dilakukan melalui survei dan wawancara untuk meningkatkan kepuasan pengguna dan mengembangkan program baru. Metodologi penelitian ini menggunakan studi lapangan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tujuannya adalah memahami administrasi perpustakaan guna meningkatkan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

29-09-2024

How to Cite

Vina Saroya, & Lukman Hakim. (2024). Manajemen Perpustakaan Dalam Peningkatan Pembelajaran Siswa di MAN 3 Jombang. Jurnal Ilmu Pendidikan, Sains, Dan Humaniora, 1(2), 81–88. Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/jipsara/article/view/7386