Implementasi Bimbingan Konseling Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Mts Negeri 4 Denanyar Jombang

Authors

  • Venni Syauqiyatul Amiq Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng, Jombang, Indonesia
  • Lukman Hakim Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng, Jombang, Indonesia

Keywords:

bimbingan konseling, prestasi belajar, implementasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pelaksanaan Bimbingan Konseling serta peningkatan prestasi belajar peserta didik di MTs Negeri 4 Denanyar Jombang, menjelaskan implementasi Bimbingan Konseling di MTs Negeri 4 Denanyar Jombang. Jenis penelitian ini penelitian studi kasus. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi bimbingan konseling berkontribusi dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di MTs Negeri 4 Denanyar Jombang adanaya perencanan awal program kegiatan yang dapat Membantu pelaksanaan program secara terstruktur dapat dicapai melalui kerjasama antara guru mata pelajaran dan wali kelas, yang memungkinkan guru bimbingan konseling lebih memahami peserta didik dalam mendukung peningkatan proses belajar mereka. Evaluasi program juga dilakukan sebagai tindak lanjut untuk mengidentifikasi program yang perlu diperbaiki dan mana yang akan dilanjutkan ke depannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

29-09-2024

How to Cite

Venni Syauqiyatul Amiq, & Lukman Hakim. (2024). Implementasi Bimbingan Konseling Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Mts Negeri 4 Denanyar Jombang. Jurnal Ilmu Pendidikan, Sains, Dan Humaniora, 1(2), 75–80. Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/jipsara/article/view/7385