Implementasi Manajemen Kelas dalam Peningkatan Efektivitas Proses Pembelajaran di MTsN 3 Jombang

Authors

  • Puji Astutik Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng, Jombang, Indonesia
  • Lukman Hakim Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng, Jombang, Indonesia

Keywords:

implementasi, manajemen kelas, efektivitas pembelajaran

Abstract

Dalam suatu lembaga pendidikan, tercapainya proses pembelajaran yang baik berasal dari kemampuan guru dalam merencanakan dan memadukan bahan pelajaran.peran guru sebagai sumber belajar sangatlah penting. Peran ini berhubungan erat dengan penguasaan materi pelajaran oleh guru, sehingga menciptakan kondisi yang optimal untuk proses pembelajaran.penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam proses pengumpulan data, penulis menerapkan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi trigulasi, pengamatan yang cermat dan objektif, serta pengecekan sejawat melalui diskusi. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah Implementasi manajemen kelas di MTsN 3 Jombang menciptakan lingkungan belajar kondusif, meningkatkan interaksi dan kolaborasi siswa. Guru-guru merancang kurikulum sesuai standar, mengorganisasi kelas dengan menarik, dan melakukan evaluasi menyeluruh. Hasilnya, keterlibatan dan pencapaian akademik siswa meningkat, dengan dampak positif pada pemahaman materi serta keterampilan sosial, menjadikan lulusan siap bersaing di masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

29-09-2024

How to Cite

Puji Astutik, & Lukman Hakim. (2024). Implementasi Manajemen Kelas dalam Peningkatan Efektivitas Proses Pembelajaran di MTsN 3 Jombang. Jurnal Ilmu Pendidikan, Sains, Dan Humaniora, 1(2), 69–74. Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/jipsara/article/view/7384