Pengaruh Model Pembelajaran Deep Dialogue Critical Thinkimg (DDCT) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa
Keywords:
Deep Dialogue Critical Thinking (DDCT), Komunikasi Matematis, StatistikaAbstract
Pada penelitian ini, dikaji tentang pengaruh model pembelajaran Deep Dialogue Critical Thinking (DDCT) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ada atau tidak pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Deep Dialogue Critical Thinking (DDCT) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi statistika kelas XI SMK NU Pace. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis true-experimental dengan desain post-test only control group design atau penelitian yang menggunakan dua kelompok yang masing-masing dipilih secara random. Sampel pada penelitian ini adalah 21 siswa dikelas yang mendapatkan pembelajaran dengan penerapan model Deep Dialogue Critical Thinking (DDCT) dan 26 siswa dikelas yang mendapatkan pembelajaran dengan penerapan model konvensional, diambil dengan berdasarkan pertimbangan tertentu dari semua kelas XI SMK NU Pace. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis yang mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Deep Dialogue Critical Thinking (DDCT) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Hampir seluruh siswa memberikan respon positif setelah melakukan pembelajaran dengan model Deep Dialogue Critical Thinking (DDCT).