Pengaruh Model Pembelajaran Deep Dialogue Critical Thinkimg (DDCT) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Authors

  • Ahmad Efendi Sahmi Maulidi Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng, Jombang, Indonesia
  • Iesyah Rodliyah Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng, Jombang, Indonesia

Keywords:

Deep Dialogue Critical Thinking (DDCT), Komunikasi Matematis, Statistika

Abstract

Pada penelitian ini, dikaji tentang pengaruh model pembelajaran Deep Dialogue Critical Thinking (DDCT) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ada atau tidak pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Deep Dialogue Critical Thinking (DDCT) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi statistika kelas XI SMK NU Pace. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis true-experimental dengan desain post-test only control group design atau penelitian yang menggunakan dua kelompok yang masing-masing dipilih secara random. Sampel pada penelitian ini adalah 21 siswa dikelas yang mendapatkan pembelajaran dengan penerapan model Deep Dialogue Critical Thinking (DDCT) dan 26 siswa dikelas yang mendapatkan pembelajaran dengan penerapan model konvensional, diambil dengan berdasarkan pertimbangan tertentu dari semua kelas XI SMK NU Pace. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis yang mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Deep Dialogue Critical Thinking (DDCT) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Hampir seluruh siswa memberikan respon positif setelah melakukan pembelajaran dengan model Deep Dialogue Critical Thinking (DDCT).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

29-09-2024

How to Cite

Ahmad Efendi Sahmi Maulidi, & Iesyah Rodliyah. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Deep Dialogue Critical Thinkimg (DDCT) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, Sains, Dan Humaniora, 1(2), 62–68. Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/jipsara/article/view/7383