Analisis Literasi Matematika Kategori Sedang Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbentuk Cerita
Keywords:
Analisis, Literasi Matematika, Kategori Sedang, Soal CeritaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan analisis kemampuan literasi matematika pada siswa SMP dalam menyelesaikan soal matematika berbentuk cerita. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengambilan data dilakukan pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Peterongan tahun ajaran 2023/2024. Subjek dipilih berdasarkan literasi matematika kategori tertentu. Pengumpulan data dilakukan dengan tes literasi matematika dan wawancara. Penelitian dianalisis dengan menggunakan indikator yang diturunkan dari tiga aspek literasi matematika yaitu: (1) merumuskan masalah secara sistematis, (2) menerapkan konsep, fakta, prosedur, dan penalaran, (3) menafsirkan dan menginterpretasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan literasi matematika kategori sedang mampu memenuhi dua dari tiga aspek dan lima dari tujuh indikator literasi matematika. Aspek yang sudah dicapai oleh siswa kategori sedang adalah merumuskan masalah secara matematis dan menerapkan konsep, fakta, prosedur, serta penalaran. Indikator yang sudah dicapai oleh siswa adalah mampu meyederhanakan soal, memikirkan ide awal dalam memecahkan masalah yang terdapat dalam soal, mampu merancang strategi penyelesaian permasalahan secara runtut, mampu menggunakan konsep-konsep matematika, fakta, prosedur, dan penalaran, mampu menyelesaikan soal dengan tepat, tetapi masih mampu menafsirkan dan menginterpretasikan hasil penyelesaian.