Analisis Tingkat Kognitif Soal Matematika Materi Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Berdasarkan Taksonomi Bloom

Authors

  • Floyuka Ineke Putri Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng, Jombang, Indonesia
  • Nihayatus Sa’adah Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng, Jombang, Indonesia

Keywords:

analisis soal, buku matematika SMA, Taksonomi Bloom

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan sebaran tingkat kognitif soal pada Buku Matematika SMA
terbitan Kemendikbud kelas X. Analisis soal berfokus pada materi Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan
Linear. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian adalah lembar klasifikasi
tingkat kognitif soal. Sumber data dalam penelitian adalah Buku Matematika SMA kelas X tahun 2021
karya Dicky Susanto, dkk. terbitan Kemndikbud tahun 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal
pada bab Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linear memiliki 2 soal dengan tingkat kognitif C1
Mengingat (14,28%), 3 soal tingkat kognitif C2-Memahami (21,43%), 7 soal tingkat kognitif C3
Mengaplikasikan (50%), 1 soal tingkat kognitif C4-Menganalisis (7,14%), 1 soal tingkat kognitif C5
Mengevaluasi (7,14%) dan 0 soal dengan tingkat kognitif C6-Mencipta (0%).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

25-05-2024

How to Cite

Floyuka Ineke Putri, & Nihayatus Sa’adah. (2024). Analisis Tingkat Kognitif Soal Matematika Materi Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Berdasarkan Taksonomi Bloom . Jurnal Ilmu Pendidikan, Sains, Dan Humaniora, 1(1), 49–54. Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/jipsara/article/view/6317

Issue

Section

Articles