Profil Kemampuan Pemecahan Masalah: Penerapan Media Phet Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Materi Suhu Dan Kalor

Authors

  • Roudhoutul Aulia Rochim Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng, Jombang, Indonesia
  • Noer Af’idah Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng, Jombang, Indonesia

Keywords:

pemecahan masalah; PheT; pembelajaran jarak jauh; suhu dan kalor

Abstract

Kemampuan dalam aspek pemecahan masalah dalam bidang pendidikan fisika telah menjadi fokus utama di abad ke-21. Kemampuan pemecahan masalah merupakan aktivitas intelektual dalam menganalisis, melogika, mengevaluasi, dan merefleksikan untuk menemukan solusi penyelesaian masalah dari pengetahuan dan pengalaman peserta didik itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan keterampilan pemecahan masalah melalui pemanfaatan media PhET dalam pendidikan jarak jauh. Metodologi penelitian ini melibatkan 24 siswa yang mengikuti mata kuliah fisika umum dan menggunakan desain pra-eksperimental. Penelitian ini menggunakan tes deskriptif yang terstruktur di sekitar indikator utama kemahiran pemecahan masalah, yang meliputi 1) pemahaman masalah, 2) perumusan strategi, 3) pelaksanaan strategi, dan 4) verifikasi. Melalui analisis data, ditentukan bahwa keterampilan pemecahan masalah memenuhi kriteria yang ditetapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

25-05-2024

How to Cite

Roudhoutul Aulia Rochim, & Noer Af’idah. (2024). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah: Penerapan Media Phet Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Materi Suhu Dan Kalor. Jurnal Ilmu Pendidikan, Sains, Dan Humaniora, 1(1), 33–39. Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/jipsara/article/view/6315

Issue

Section

Articles