Analisis Kebiasaan Konsumen Menggunakan Asosition Rule Metode Apriori Pada Central Retail X

Penulis

  • Ahmad Heru Mujianto S1 Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Hasyim Asy’ari
  • Arbiati Faizah S1 Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Hasyim Asy’ari
  • Chamdan Mashuri S1 Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Hasyim Asy’ari

Abstrak

Keberlangsungan suatu perusahaan tidak akan terlepas dari peran konsumen dalam melakukan transaksi.
Kenyataanya seorang konsumen memiliki perilaku dan karakter yang berbeda-beda, oleh karena itu
sebagai pemilik perusahaan harus mampu menganalisa pola atau kebiasaan konsumen dalam melakukan
transaksi. Hal tersebut juga terjadi pada central retail X, yang mengalami permasalahan pada proses
penjualannya, terdapat produk yang sampai kehabisan stok dan ada juga produk yang tidak terjual, ada
produk yang paling diminati dan ada produk yang tidak diminati konsumen. Oleh karena itu diperlukan
analisis terhadap kebiasan konsumen dalam melakukan transaksi. Metode association rule dengan
algoritma apriori mampu diterapkan dengan baik dalam analisis kebiasaan transaksi konsumen pada central
retail X. Hasil Perhitungannya didapatkan rata-rata presentase nilai support 33%-40% dan nilai confidence
43%-80%. Hasil penerapan metode association rule dengan algoritma apriori mampu membantu
merekomendasikan pemilik central retail X dalam penataan katalog produk dan menetukan langkah
strategis dalam meningkatkan penjualan, seperti memberikan diskon atau promo untuk produk-produk
tertentu.
Kata Kunci: Analisis, Konsumen, Assosition Rule, Apriori, Retail

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2019-10-02