RANCANG BANGUN SISTEM PERHITUNGAN PENILAIAN AKREDITASI SEKOLAH/MADRASAH BERBASIS WEB

Penulis

  • Fikriyyah D3 Manajemen Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
  • I.G.L. Putra Eka Prismana Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya

Abstrak

erhitungan nilai akreditasi dilakukan oleh penilai menggunakan Microsoft Excel, metode copy pasta digunakan
untuk memasukkan nilai Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang merupakan singkatan dari delapan standar. Hal
ini menyebabkan data yang sudah diinputkan dengan mudah diubah oleh pihak yang tidak bertanggung jawab
yang membuat data tidak valid. Di sisi lain, nilai akreditasi penting untuk menandai pembentukan kompetensi
untuk organisasi pendidikan.
Mengatasi masalah ini, dibuatlah sistem perhitungan penilaian akreditasi untuk pendidikan atau tingkat dasar
dengan menggunakan teknologi web desain. Hal ini menerapkan teknologi Laravel terbaru yang menggunakan
PHP untuk bahasa pemrograman. Sistem basis data yang digunakan adalah MySQL untuk menangani data.
Standar perhitungan penilaian akreditasi sesuai dengan pedoman penskoran dan pemeringkatan hasil akreditasi
sekolah dasar sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 11 Tahun 2009.
Akibatnya, aplikasi berbasis web yang dibuat. Hal ini dapat menghitung nilai yang dimasukkan oleh pengakses
dan mengirimkannya langsung ke server. Beberapa tingkat pengguna mengkonfigurasi untuk menjaga dan
mengelola entri khusus untuk tingkat pengguna. Hal ini juga dapat memberikan laporan kepada pengguna
mengenai data per tabel, grafis, dan mencetaknya ke PDF. Dalam pembuatan aplikasi ini, banyak hal yang harus
dikembangkan dan diperbaiki seperti sistem peringatan status sekolah dirinci per bulan, penambahan hak akses
untuk sekolah/ lembaga, meng-upload ke sistem excel. Semoga penelitian kecil ini dapat dicapai oleh penelitian
berikutnya.

Kata kunci : Akreditasi Sekolah, Sekolah Dasar, Laravel, Sistem Perhitungan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2016-05-15