IMPLEMENTASI MARKERLESS AUGMENTED REALITY PADA APLIKASI PENGENALAN ALAT OLAHRAGA HOCKEY MENGGUNAKAN METODE USER DEFINED TARGET BERBASIS ANDROID

Penulis

  • I Kadek Dwi Nuryana Program Studi Sistem Informasi, Universitas Negeri Surabaya
  • Much. Zuyyinal Haqqul Barir Magister Informatika, Fakultas Sains dan teknologi, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Zainal Ikhwan Muhammad Program Studi S1 Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Hasyim Asy’ari

Abstrak

Hockey merupakan salah satu olahraga yang telah dimainkan di Indonesia, namun olahraga ini masih belum cukup populer dan peralatan olahraga hockey juga jarang ditemukan di toko-toko olahraga pada umumnya, untuk itu perlu diperkenalkan hockey agar orang-orang tertarik untuk mulai bermain olahraga ini. Salah satu cara untuk memperkenalkan olahraga ini adalah dengan memanfaatkan teknologi augmented reality sehingga masyarakat dapat mengenal olahraga ini secara efisien dan fleksibel. Salah satu metode untuk menampilkan objek augmented reality adalah menggunakan markerless dengan teknik target yang ditentukan pengguna. Dalam aplikasinya, pengujian akurasi dilakukan dengan menggunakan jarak, intensitas cahaya dan target yang akan digunakan sebagai penanda. Sedangkan untuk hasil pengujian pada suatu sudut, aplikasi dapat menampilkan objek 3D pada target gelap dengan kontras menggunakan sudut baca minimal 0° dan maksimum 45° serta target terang dengan kontras dengan sudut baca minimal 0° dan maksimal 45°. Dalam pengujian jarak, aplikasi ini mampu menampilkan objek 3D terhadap target gelap dengan kontras pada jarak 50 cm hingga 70 cm dan target terang dengan kontras pada jarak 50 cm hingga 70 cm. Dalam pengujian intensitas cahaya, aplikasi dapat menampilkan objek 3D pada target gelap dengan kontras ketika intensitas cahaya minimal 70 lux dan maksimum 1000 lux dan pada target terang dengan kontras ketika intensitas cahaya minimal 70 lux dan maksimum 1000 lux. Berdasarkan hasil kuesioner ditemukan bahwa aplikasi ini sangat layak dengan nilai 88%.
Kata Kunci: Hockey, Peralatan Olahraga, Augmented Reality, Markerless

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-23