SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN TEMPAT USAHA YANG STRATEGIS MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT BERBASIS WEBSITE

Penulis

  • Siti Esih Kurniasih Program Studi S1 Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombag
  • Tanhella Zein Vitadiar Program Studi S1 Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang

Abstrak

Saat ini internet berkembang pesat, menjadikannya sarana komunikasi yang terus saja mentranformasi akses informasi, penyampaian pendapat, berbagai bentuk pemerintahan dan bisnis bagi masyarakat di seluruh dunia. Namun penggunaan teknologi sistem informasi masih belum terlalu luas di Kp.Pasar Sabut.
Di Kp. Pasar Sabut sendiri masih belum memiliki akses informasi untuk menginformasikan fasilitas secara meluas, sehingga masyarakat dari luar daerah belum mengetahui bahwa adanya peluang usaha di Kp. Pasar Sabut. Sehingga dalam melakukan meriset lokasi usaha, mereka tetap melakukannya secara langsung dengan mengunjungi lokasi satu per satu. Hal ini membuat pemilihan tempat usaha menjadi kurang efektif, terlebih lagi tempat di Kp. Pasar Sabut ini memiliki beberapa tempat yang membutuhkan banyak waktu. Maka solusi dari permasalahan ini dapat di selesaikan dengan menggunakan metode Weighted Product, adapun metode Weighted Product memerlukan perkalian untuk menyatukan nilai atribut. Dalam hal ini,
skor setiap karakteristik harus dipangkatkan pertama dari bobot atribut tersebut. Hasil dari perhitungan dengan metode Weighted Product menggunakan kriteria akses, peluang usaha, visibilitas, persaingan dan biaya sewa. Yang nilai akhirnya merupakan hasil penjumlahan kriteria yang dikalikan dengan nilai bobot kriteria dan hasil nilai tertinggi akan menunjukkan nilai akhir dari perangkingan tersebut.
Kata Kunci : tempat usaha, informasi, weighted product.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-02