SISTEM REKOMENDASI JURUSAN BERBASIS WEB DENGAN MENGGUNAKAN METODE K-MEANS (STUDI KASUS : SMKN 1 JOMBANG)
Abstrak
Pendidikan kejuruan adalah bagian dari pendidikan yang mempersiapkan peserta didik untuk bisa bekerja di bidang tertentu dan mampu bekerja pada suatu kelompok pekerjaan. Maka pada setiap tahun ajaran baru, setiap siswa yang ingin mendaftar di SMK akan memilih jurusan selama belajar di SMK. Tes yang biasa dilakukan pada saat seleksi siswa baru di SMK melalui nilai rapot dan lainya. Oleh karena itu, penulis akan membuat website, yang diharapkan dapat memecahkan masalah sekolah ini serta mempertimbangkan minat siswa menggunakan sistem rekomendasi jurusan pada siswa baru dengan menerapkan metode K-means sebagai pengelompokan siswa baru.
K-Means clustering merupakan metode non-hierarchical clustering yang mengelompokkan data ke dalam cluster atau kelompok. Data tersebut akan dikelompokkan ke dalam cluster-cluster dengan karakteristik yang sama, sehingga data yang dikelompokkan memiliki variasi bentuk yang lebih sedikit.
Hasil penelitian ini adalah membuat sebuah sistem rekomendasi jurusan yang berguna untuk calon siswa baru dapat menerima jurusan yang akan di tempuh siswa melalui sistem rekomendasi jurusan dengan pengelompokan nilai dari soal yang sudah dikerjakan oleh siswa, untuk memudahkan calon siswa baru dalam memilih jurusan yang akan di tempuh.
Kata Kunci: Sistem Rekomendasi Jurusan, K-Means, nilai.