RANCANG BANGUN GAME EDUKASI PENGENALAN TOKOH PAHLAWAN INDONESIA MENGGUNAKAN METODE FISHER-YATES SHUFFLE BERBASIS ANDROID

Penulis

  • Ahmad Saiful Bachri Program Studi S1 Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Chamdan Mashuri Program Studi S1 Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombag
  • Hery Kristianto Program Studi S1 Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombag

Abstrak

Sebagai warga negara Indonesia, penulis ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada para pahlawan yang telah dengan gigih memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dan mengorbankan segalanya demi kebebasan tanah air. Pahlawan Indonesia adalah individu-individu yang dengan heroik melawan penjajah yang berusaha menguasai wilayah Indonesia. Oleh karena itu, diperlukan suatu strategi bagi anak-anak dan remaja di dunia saat ini untuk mengembangkan rasa patriotisme dan cinta tanah air. Game edukasi ini dirancang untuk menambah pengetahuan tentang pahlawan Indonesia dan sejarah singkat perjuangan pahlawan. Game edukasi ini menggunakan metode Fisher-Yates Shuffle yang bekerja dengan cara mengacak potongan gambar (puzzle) dengan hasil yang tidak dapat diprediksi dan urutan yang tidak dapat menghasilkan angka yang sama ketika dimainkan kembali. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sebuah game edukasi berbasis android untuk mengenalkan pahlawan Indonesia, memberikan edukasi sambil bermain dan membuatnya mudah diakses melalui smartphone. Setelah dilakukan pengujian, game edukasi pengenalan tokoh pahlawan Indonesia ini dapat membantu masyarakat khususnya anak-anak dalam mengenalkan tokoh pahlawan, dengan tingkat perolehan persentase pengujian sebesar 83,1%.
Kata Kunci: Game Edukasi, Pahlawan Indonesia, Fisher-Yates Shuffle.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-23