SISTEM PENENTU KEPUTUSAN PEMILIHAN KONTEN YOUTUBE LAYAK TONTON UNTUK ANAK DENGAN METODE ARAS (ADDITIVE RATIO ASSESSMENT) BERBASIS WEB

Penulis

  • Achmad Jimly Assidiqi Program Studi S1 Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombag
  • Ginanjar Setyo Permadi Program Studi S1 Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombag

Abstrak

Pada penelitian ini bertujuan untuk membantu orang tua dalam melakukan pengawasan terhadap tontonan anak-anak pada platform YouTube. YouTube adalah situs web media sosial yang berfungsi bagi pengguna untuk berbagi dan menonton video. Namun, karena banyaknya video yang tidak pantas untuk anak-anak, seperti yang mengandung kekerasan, pornografi, atau hal buruk lainnya, menjadi penting bagi orang tua untuk memilih konten yang sesuai dan aman. Metode Additive Ratio Assessment (ARAS) digunakan dalam penelitian ini sebagai sistem keputusan yang membantu dalam memilih konten yang layak tonton untuk anak-anak. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) memainkan peran kunci dalam membantu orang tua mengatasi masalah dalam memilih konten. Sistem ini dapat membantu orang tua dalam mengambil keputusan yang akurat dan tepat sasaran. Penelitian ini menghasilkan bahwa dari 15 alternatif yang telah dipilih mendapatkan hasil yang sesuai harapan yakni dengan mendapat ranking tertinggi yaitu animasi Nussa dengan nilai Ki 1, kamudian diikuti oleh animasi Pada Zaman Dahulu dengan
nilai Ki 0,8425. Oleh karena itu penelitian ini menyarankan animasi Nussa sebagai tontonan yang layak untuk anak-anak.
Kata Kunci: SPK, Metode ARAS, Youtube, Anak-anak.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-23