PEMETAAN HAFIDZ JUZ 30 BERPRESTASI MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING (STUDI KASUS : Siswa-Siswa MI Al-As'ad)

Penulis

  • Rizki Maulana Bintang Program Studi S1 Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombag
  • I Kadek Dwi Nuryana Program Studi S1 Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombag

Abstrak

MI Al-As'ad Brambang adalah sebuah lembaga pendidikan setara sekolah dasar yang menyelenggarakan program Tahfidz Juz 30 untuk memberikan motivasi dan semangat belajar kepada siswa-siswinya. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus pada pengembangan Sistem Informasi Pemetaan Hafidz Juz 30 Berprestasi menggunakan metode K-Means Clustering. Metode K-Means Clustering digunakan dalam penelitian ini untuk memilih dan mengelompokkan siswa-siswi berdasarkan beberapa kriteria nilai yang telah ditetapkan. Sistem informasi yang dikembangkan akan membantu guru dalam memaksimalkan hasil belajar dan hafalan Juz 30 dengan memberikan bantuan belajar yang sesuai dengan kebutuhan setiap kelompok siswa. Penelitan ini diharapkan dapat memberikan manfaat baik secara akademis maupun praktis. Secara akademis, sistem informasi ini dapat mengelompokkan siswa-siswi dalam beberapa kategori prestasi, sehingga guru dapat memberikan pendampingan yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing kelompok. Secara praktis, sistem informasi ini dapat diterapkan di seluruh lingkungan MI Al-As'ad Brambang. Penelitan ini juga diharapkan dapat menjadi referensi bagi peneliti selanjutnya dalam mengembangkan atau memperbaiki sistem pemetaan hafidz Juz 30 menggunakan metode K-Means Clustering berbasis web.
Kata Kunci : Pemetaan, Hafidz Juz 30, K-Means Clustering, Web

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-02