RANCANG BANGUN GAME EDUKASI PENANGANAN SAMPAH DALAM RANGKA PEDULI LINGKUNGAN BERBASIS ANDROID DENGAN METODE REASEARCH AND DEVELOPMENT (R&D)

Penulis

  • Achmad Najibul Khoir Program Studi S1 Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombag
  • Ahmad Heru Mujianto Program Studi S1 Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Mahrus Ali Program Studi S1 Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang

Abstrak

Sampah menjadi isu mendesak di era modern ini. Kurangnya sikap peduli lingkungan menyebabkan pencemaran dan kerusakan alam. Tingkat bencana alam yang tinggi, terutama hidrometeorologi, disebabkan oleh kurangnya kepedulian manusia. Pertumbuhan jumlah sampah yang tidak terkelola baik menyebabkan kerusakan dan pencemaran kompleks. Rendahnya kepedulian masyarakat terhadap sampah mengakibatkan perubahan gaya hidup yang mengandalkan plastik sekali pakai. Kurangnya pembelajaran dan kurikulum menghambat pemahaman siswa dalam mengelola lingkungan. Kurangnya pendidikan dan kesadaran lingkungan menjadi penghalang membentuk karakter dan kesadaran lingkungan pada anak-anak. Perlu adanya peningkatan integrasi dalam kurikulum dan media pembelajaran untuk memperkuat pemahaman siswa tentang pentingnya menjaga lingkungan sejak dini. Oleh karena itu pada penelitian kali ini bertujuan untuk membuat media inovasi berupa pengembangan aplikasi interaktif berbasis game untuk media pendidikan peduli lingkungan dan sampah, dengan metode R&D untuk pengembangan gamenya dan juga menggunakan metode Fuzzy Sugeno dalam penerapan sistem reward.
Kata Kunci: Sampah, Game Edukasi, R&D, Fuzzy Sugeno

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-02