Rancang Bangun Web E-Commerce Menggunakan Metode Collaborative Filtering (Study Kasus: Toko aksesories tata)

Penulis

  • Dita Aisha Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Hasyim Asy’ari
  • Aries Dwi Indriyanti Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Hasyim Asy’ari
  • Ahmad Heru Mujianto Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Hasyim Asy'ari

Abstrak

E-Com..m.erce termasuk dari salah satu alternative pilihan bagi sebuah toko yang digunakan sebagai media informasi guna memudahkan adanya interaksi antar penjual dan konsumen. Banyaknya sebuah produk keberagaman produk dalam sebuah e-commerce, sering kali membuat konsumen merasa kebingungan memilih produk yang dibutuhkannya. Hal tersebut mengakibatkan proses transaksi yang berulang-ulang sehingga membu.tuhkan wa.ktu yang cukup la.ma. Konsumen sering kali juga kebingungan dalam mencari info rating dari produk yang ingin dibeli oleh user. Pada Penelitian ini dibuat Web e Commerce yang mampu memberi rekomendasi secara otomatis kepada user. Metode yang digunakan adalah metode Collaborative Filtering dengan menggunakan Addjusted Cossine Simi.larity sebagai alat atau metode perhitungan kemiripan antar user, kemudian algoritma weigted sum sebagai perhitungan predikasinya. Col.laborative Filtering digunakan untuk membantu user dalam memilih item yang sesuai berdasarkan rating yang diberikan user lain. Hasil waktu eksek.usi yang dibutuhkan dipengaruhi oleh jumlah item dan ranting, sistem ini telah diuji menggunakan metode blackbox.

Kata Kunci : Collaborative Filtering (CF), Rekomendasi, Website E-commerce.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2020-09-10