PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS SAINTIFIK PADA MATERI GARIS DAN SUDUT TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP/MTS

Authors

  • Musabikhatul Magfiroh Pendidikan Matematika, FIP, Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Khusnul Khotimah Pendidikan Matematika, FIP, Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Wisnu Siwi Satiti Pendidikan Matematika, FIP, Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v6i1.1462

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbasis saintifik pada materi garis dan sudut terhadap hasil belajar dan kreativitas peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen metode quasi eksperimental design, dan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs NU Mojosari, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik random assigment, dipilih dua kelas sebagai sampel dalam penelitian ini, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah berupa tes dan non tes. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal uraian untuk mengukur hasil belajar peserta didik, sedangkan instrumen non-tes yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket (kuesioner) dan lembar observasi untuk mengukur kreativitas peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji hipotesis, namun sebelum melakukan uji hipotesis harus dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menujukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model discovery learning berbasis saintifik pada materi garis dan sudut terhadap hasil belajar dan kreativitas peserta didik kelas VII SMP/MTs.

Kata kunci: Discovery Learning, Saitifik, Hasil belajar dan Kreativitas Peserta Didik

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Musabikhatul Magfiroh, Khusnul Khotimah, & Wisnu Siwi Satiti. (2021). PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS SAINTIFIK PADA MATERI GARIS DAN SUDUT TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP/MTS. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 787–792. https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v6i1.1462