PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CAMTASIA© DAN WONDERSHARE QUIZ CREATOR MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII
Abstract
Penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Camtasia dan Wondershare Quiz Creator materi aritmatika sosial kelas VII SMPN 4 Jombang bertujuan untuk: 1) Mengetahui proses pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Camtasia dan Wondershare Quiz Creator materi aritmati sosial 2) Mengetahui bagaimana hasil pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Camtasia dan Wondershare Quiz Creator materi aritmatika sosial. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE {(Analysis (Analisis) , Design (perencanaan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi)}. Teknik Analisis dari penelitian menggunakan data kuantitatif berupa skor validator para ahli, skor ahli materi dosen Pendidikan Matematika, skor ahli media dosen Teknologi Informasi, skor respon peserta didik terhadap media Camtasia dan Wondershare Quiz Creator berupa hasil angket. Hasil penelitian menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis Camtasia dan Wondershare Quiz Creator dilihat melalui uji validasi produk. Uji validasi materi dari Dosen Pendidikan Matematika terdapat 3,41 dengan kategori valid, sedangkan validasi ahli media dari Dosen Fakultas Teknologi Informasi terdapat 3,6 dengan kategori valid. Hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa nilai rata-rata seluruh peserta didik terdapat 76,8. Berdasarkan KKM yang ditetapakan sekolah (65) maka nilai rata-rata seluruh peserta didik dalam kualifikasi tuntas. Hasil ketuntasan belajar peserta didik menunjukkan bahwa dari jumlah seluruh peserta didik lebih banyak yang sama dengan atau lebih dari KKM dengan persentase ketuntasan dari jumlah peserta didik yang tuntas terdapat 68,7%.Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Camtasia dan Wondershare Quiz Creator baik dan layak digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi aritmatika sosial kelas VII SMPN 4 Jombang.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Camtasia, Wondershare Quiz Creator, Aritmatika Sosial
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).